Senin, 29 April 2024

Kemendikbud Minta Maaf Buku yang Muat Yerusalem Ibukota Israel Ditarik

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Foto: Istimewa

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), Balitbang akan merevisi buku sekolah elektronik (BSE) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar (SD) Kelas VI yang menyebutkan Yerusalem sebagai Ibukota Negara Israel, Kamis (14/12/2017).

Kekeliruan menjadi viral di Medsos karena kejadiannya bersamaan dengan gencar-gencarnya serangan terhadap pernyataan Trump Presiden AS yang mengakui Yerusalem ibukota Israel.

Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), mengatakan keputusan ini diambil dalam rapat dengan Puskurbuk bahwa konten yang ada di laman Kemendikbud harus ditarik dahulu.

“Waktu pengoreksian sudah ditentukan hari ini. Dalam waktu dekat Puskurbuk akan menerbitkan revisinya,” kata Mendikbud di kantornya, Rabu (13/12/2017) kemarin.

Mendikbud menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan materi yang terdapat dalam buku tersebut.

Kemendikbud akan melakukan penelusuran kembali terhadap kesalahan yang terjadi dari isi buku. “Setelah mengunggah ulang buku dengan edisi yang sudah direvisi, Kemendikbud menelusuri bagaimana dulu ceritanya kok bisa terjadi kesalahan yang cukup fatal, termasuk bagaimana prosesnya. Kemudian siapa yang paling bertanggungjawab, kesalahannya dimana dan termasuk ada kesengajaan atau tidak. Intinya Kemendikbud akan terus menelusuri,” tutur Muhadjir.

Terkait penerbitan buku, Mendikbud akan dibenahi termasuk orang yang akan dipilih menjadi tim editing, tim penilai dan lebih teliti dan korektif terhadap tim pembuat naskah. “Kebijakan Buku Sekolah Elektronik tetap akan digunakan, karena BSE ini digunakan dalam rangka memberikan akses lebih luas kepada masyarakat untuk mendapatkan buku murah,” ujar Mendikbud.

Mendikbud berharap kepada penerbit buku tersebut ditarik kembali dan diganti dengan buku yang telah direvisi oleh Kemendikbud.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini buku yang telah direvisi sudah bisa diunggah di laman sehingga bisa dijadikan rujukan untuk sekolah khususnya, maupun penerbit,” katanya. (jos/dwi/ipg)

Teks Foto:
– Salah satu isi buku IPS yang sudah diterbitkan menyebutkan Yerusalem sebagai Ibukota Israel.
Foto: Faiz suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs