Selasa, 23 April 2024

Kepedulian Pendengar dan Netter Pertemukan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Keluarganya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Satrio Lismoyo (Rio) bersama Warno, ayahnya dan tetangganya. Foto: AKP Sutowo KSPKT Polres Sidoarjo via redaksi

Seorang anak berkebutuhan khusus yang sempat hilang selama dua hari, akhirnya ditemukan, Sabtu (4/2/2017). Anak bernama Satrio Lismoyo (Rio) ini pergi dari rumahnya di Kendangsari Gang III Surabaya pada Kamis (2/2/2017).

Penemuan anak berusia 7 tahun ini, berawal dari laporan Mirtha pendengar Suara Surabaya yang menemukan Rio pada Kamis (2/2/2017) sekitar Pukul 18.00 WIB. Mirta menjelaskan jika menukan anak ini di perlintasan kereta api Jl. Ahmad Yani, dan kemudian diantar ke Polsek Gedangan.

Pada Jumat (3/2/2017) siang, keluarga Mirta ada yang posting di wall e100 tentang penemuan anak ini, yang disambut netter lain dan berkomentar bahwa pihak keluarga sudah menjemputnya ke Polsek Gedangan.

Kemudian pada Sabtu (4/2/2017) pagi, ternyata netter yang sama mengabarkan pada keluarga Mirta, bahwa keluarga sudah ke Polsek Gedangan, tapi anak ini sudah diserahkan ke Dinsos Sidoarjo. Namun setelah dijemput ke Dinsos Sidoarjo anak ini ternyata sudah kabur meninggalkan Dinsos pada Jumat (3/2/2017) malam.

Mirtha yang menemukan anak ini pertama kali terus berusaha membantu dan mencoba berinisiatif mencari nomer telpon keluarga untuk berkoordinasi. Pihak keluarga juga terus mencari, menanyakan ke Polsek Gedangan.

Bahkan, Warno ayah anak ini sempat mengecek anak korban tenggelam yang berhasil ditemukan. “Petugas Dinsos cek ke Polsek Gedangan, katanya ada info ada anak tenggelam dan sudah di RSUD Sidoarjo. Saya disuruh polisi cek ke RSUD,” ujar Warno yang juga berkoordinasi dengan Gatekeeper dan penyiar Radio Suara Surabaya

Tak berapa lama, AKP Sutowo KSPKT Polres Sidoarjo mengudara dan mengatakan telah menerima laporan dari Anik Sumarah warga Desa Bluru Permai Blok W No.15 RT 1 RW 14 Sidoarjo, bahwa Rio ditemukan Jumat (3/2/2017) pukul 17.00 WIB.

“Anak itu ditemukan di sebuah warung di Bluru. Sama pemilik warung sempat diusir, lalu ada Bu Anik lihat, lho kok anak ini disuruh keluar. Lalu sama Bu Anik dibawa pulang mencoba dirawat di rumahnya. Bajunya juga diganti,” katanya.

Menurut AKP Sutowo, Anik kemudian berinisiatif membawa Rio ke Polresta Sidoarjo. Kemudian Sutowo mengumumkan ciri-ciri Rio ke pendengar Radio Suara Surabaya dan meminta orang tuanya datang ke Polresta.

Saat berita ini diturunkan, Ayah Rio sudah menuju Polresta Sidoarjo untuk menjemput anaknya. (bid/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs