Jumat, 26 April 2024

Khatib Mengajak Umat Islam Konsisten dan hidup dengan Bersyukur

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Para jamaah juga menyempatkan ber-selfie setelah bubar shalat Idul Fitri di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

KH Agoes Ali Mashuri (Pengasuh Pesantren Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo) menyampaikan khutbah bertema: Urgensi Cerdas Bersyukur.

Kata Gus Ali, kehidupan manusia sekarang ini penuh dengan inkonsistensi. Misalnya, di masjid orang banyak bertakbir, tetapi di tengah masyarakat tak jarang malah bertakabur.

“Banyak orang yang khusyuk shalatnya, khusyuk pula dalam merampas hak orang lain. Banyak orang yang fasih melafalkan al Quran, dan fasih pula memperdayai orang lain. Banyak orang yang tidak putus puasanya, tapi tidak putus pula kedzalimannya,” ujarnya dalah Khatib di Masjid Al-Akbar Surabaya, Minggu (25/6/2017).

Menurut Gus Ali, orang yang takabur adalah orang yang selalu memanfaatkan orang lain untuk kepentinhan dirinya sendiri. Sedangkan orang yang bersyukur adalah orang yang berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

“Puasa dimulai dengan menahan makan dan diakhiri dengan memberi makan orang lain. Kehidupan manusia harusnya penuh dengan tasyakur. Hidup dimulai dengan mengagungkan Allah dan diakhiri dengan mendatangkan manfaat kepada sesama manusia,” katanya. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs