Kamis, 28 Maret 2024

Kolaborasi untuk Percepatan Pelayanan di HJKS ke-724

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Risma memberikan akta lahir secara simbolis kepada warga pemohon akta dan KK. Rabu (31/5/2017).Foto : Denza Perdana suarasurabaya.net

Paket Pelayanan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya semakin cepat, hanya sehari kerja.

Ini berkat kolaborasi antara Dispendukcapil Surabaya dengan sejumlah rumah sakit di Surabaya. Ada 106 fasilitas kesehatan dan bidan yang diajak bekerja sama.

Ada dua rumah sakit negeri, yakni RSUD Dr Suwandhie dan RS Bakti Dharma Husada, 23 Rumah Sakit Swasta, serta 21 Puskesmas di Surabaya yang berkenan kerja sama.

Tidak hanya itu, percepatan pelayanan ini juga melibatkan 60 Bidan Praktik Mandiri yang ada di Surabaya.

Suharto Wardoyo Kepala Dispendukcapil Surabaya menjelaskan, paket pelayanan online ini supaya ibu melahirkan di Surabaya bisa mendapat akta kelahiran dan kartu keluarga sebelum pulang ke rumah.

“Jadi begitu melahirkan misalnya di rumah sakit, operator langsung mendaftarkan akta lahir dan kartu keluarga dari komputer, lewat e-lampid.go.id, lalu nanti akan ada verifikasi online. Kalau sudah, nanti akan kami antarkan,” ujarnya.

Suharto mengatakan, setidaknya​, akta kelahiran dan kartu keluarga itu akan selesai dicetak selama satu hari kerja setelah pendafataran.

“Jadi mulai hari ini, paket pelayanan akta kelahiran dan kartu keluarga ini sudah bisa diakses oleh warga Surabaya secara gratis karena sudah diresmikan bisa oleh ibu wali kota,” katanya. (den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs