Minggu, 5 Mei 2024

Konsep Risma Bangun Hi-Tech Mall untuk Gedung Pusat Kesenian

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Bagian lantai dasar gedung Hi-Tech Mall saat digenangi banjir. Foto: Abidin/Dok suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya akan menata kawasan THR di tahun 2018. Di saat bersamaan, Pemkot juga akan membangun gedung pusat kesenian di Hi-Tech Mall Jalan Kusuma Bangsa Surabaya.

Menurut Risma penataan kawasan THR bisa dilakukan tahun 2018, sedangkan pembangunan gedung pusat kesenian di Hi-Tech Mall baru bisa dilakukan 2019. Sebab, kontrak BOT pemakaian gedung itu oleh swasta baru habis tahun 2019.

“Saya dulu pernah bilang kalau akan menata kawasan THR. Tapi, tidak ada gunanya kalau posisi THR di dalam. Maka dari itu, Hi-Tech akan kami ditata sebagian untuk gedung kesenian, lantai lainnya disewakan lagi,” katanya, Jumat (15/12/2017).

Risma mengatakan, desain gedung kesenian di Hi-Tech Mall nantinya, di lantai bawah khusus untuk pelatihan anak-anak dalam berkesenian seperti seni tari, melukis, kerajinan dan sebagainya. Lalu di lantai 2 akan diisi para pelaku seni profesional. Kemudian yang lantai tiga akan dibangun gedung pertunjukan yang megah dan modern.

“Nantinya di lantai bawah untuk pelatihan kesenian anak-anak. Yang lantai dua lebih pada pelaku seni profesional, dan yang lantai yang tiga untuk tempat pertunjukan,” katanya.

Sekadar diketahui, gedung Hi-Tech Mall Jalan Kusuma Bangsa mulai habis kontrak BOT (Build, Operate and Transfer) dengan swasta dan aset tersebut kembali dikelola Pemkot sepenuhnya tahun 2019.

Tahun 2018 ini para pemilik toko dan tenant di Hi-Tech Mall yang kontraknya habis mulai berangsur-angsur mengosongkan tempat. Pemkot mulai membuat perencanaan untuk mempergunakan gedung tersebut sebagai gedung pusat kesenian. (bid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs