Sabtu, 20 April 2024

Korlantas Polri Kerahkan 20 Ribu Personil Untuk Mudik Lebaran

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Irjen Polisi Royke Lumowa Kepala Korlantas Polri di sela-sela Rapat kerja dengan Komisi V DPR RI membahas persiapan arus mudik lebaran 2017, Kamis (8/6/2017). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Korlantas Polri kerahkan sekitar 20 ribu personilnya untuk menjaga arus mudik lebaran. Puluhan ribu personil itu akan menjaga di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Demikian disampaikan Irjen Polisi Royke Lumowa Kepala Korlantas Polri di sela-sela Rapat kerja dengan Komisi V DPR RI membahas persiapan arus mudik lebaran 2017.‎

“Personel kita all out. Di Jawa Tengah saja di jalur Pantura 10 ribu personil. Begitu juga di Jawa Barat mulai dari Perbeuleunyi arah Bandung, Nagrek ,Tasik, Cilacap, dan perbatasan Banjar itu juga sekitar 10 ribu, sehingga saya pikir ini sudah cukup memadai untuk mengawal mudik,” kata Royke.

Personel-personel yang dikerahkan, kata Royke, bisa diibaratkan seperti wasit yaitu bisa menganalisa cepat dan mengambil keputusan yang cepat juga.

“Kemudian personel-personel yang akan ditempatkan disitu sebagai wasit yang bisa menganalisa cepat dan mengambil keputusan cepat. Ini sudah kami persiapkan juga,” ujar dia.

Kalau bicara macet, kata Royke, pasti macet karena namanya mudik itu adalah bareng-bareng.

“Mudik ya bareng-bareng apalagi libur pemerintah kalau tidak salah tanggal 23 atau hari jumat, sehingga Kamisnya sudah mulai arus mudinya,” kata dia.

Meski begitu, Royke menegaskan kalau Polri akan mengatur kemacetan itu.

“Yang pasti macet tetap macet karena volume melebihi kapasitas walaupun pemerintah sudah menambah kapasitas dibanding tahun lalu. Ada penambahan tol dan flyover sebanyak empat di daerah Prupuk jawa tengah,” ujar dia.

Royke menegaskan kalau pengalihan arus itu berdasarkan data, bukan berdasarkan suka-suka polisi.(faz/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs