Jumat, 17 Mei 2024

Kunjungan Raja Salman Telah Mengubah Persepsi Saudi Terhadap Indonesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Raja Salman saat di Gedung DPR RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Raja Salman bin Abdul Azis Al Saud, Raja Arab Saudi telah terbang dari Jakarta ke Bali untuk berwisata. Jusuf Kalla Wakil Presiden yang mengantarkan Raja Salman di Bandara Halim Perdana Kusuma.

Jusuf Kalla menegaskan kalau Raja Salman terkejut karena Indonesia tidak seperti yang dibayangkan sebagai negara miskin.

“Setelah rakyat Saudi melihat, ternyata Indonesia tidak seperti yang dibayangkan. Jangan lupa umumnya orang Saudi membayangkan negara Indonesia itu terbelakang karena yang ke sana hanya TKI, jadi mereka pikir seperti negeri TKI lah kita ini,” ujar Jusuf Kalla usai melepas Raja Salman di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

Menurut Kalla, Indonesia bahkan tidak jauh berbeda dengan Malaysia maupun Singapura.

“Apa bedanya Kuala Lumpur dan Singapura. Mereka juga surprised persepsinya. Malah Jakarta lebih bagus dari Riyadh. Jakarta, kalau ada daerah kumuh iya, tapi gedung-gedung tinggi itu lebih banyak di sini dari pada Riyadh atau Jeddah gitu,” kata Wapres.

Untuk itu, Kalla minta kalau kunjungan Raja Salman ini tidak dilihat atau diukur dari nilai investasi ke Indonesia, tetapi yang lebih penting adalah bisa mengubah persepsi Saudi terhadap Indonesia.

“Kita ingin mengubah dulu persepsi atau Image bahwa Indonesia sebenarnya adalah negara maju sehingga penting untuk jangka panjang,” kata dia. (faz/bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs