Minggu, 5 Mei 2024

Kunjungi Cagar Budaya, Risma Targetkan Pemeliharaan Tuntas 2018

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat mengunjungi cagar budaya monumen Tugu Pahlawan. Foto: Denza suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengunjungi beberapa bangunan Cagar Budaya di Surabaya, menyaksikan langsung kondisi terkini bangunan bersejarah di Surabaya.

Bersama jajarannya, dia mengunjungi Rumah HOS Cokroaminoto, Gedung Nasional Indonesia (GNI) Jalan Bubutan, Monumen Tugu Pahlawan, Kampung Kraton di Jalan Kramat Gantung, dan Rumah W.R Soepratman di Jalan Mangga, Tambaksari.

Risma mengaku, ingin menghidupkan kembali Kota Pahlawan sebagai destinasi wisata sejarah. “Kemarin dinas pariwisata sudah saya minta mendata monumen dan situs yang bisa diangkat menjadi jujukan wisata,” ujarnya di GNI, Jumat (28/7/2017).

Risma menyatakan, ada banyak sekali benda sejarah di Surabaya yang memiliki nilai sejarah masing-masing. Salah satunya berkaitan dengan kerajaan Majapahit.

“Tapi tidak banyak yang tahu. Makanya saya dan teman-teman akan menggali lebih dalam sejarah-sejarah itu, untuk dihidupkan lagi,” ujarnya.

Hasil kunjungan itu, Risma menegaskan, akan melakukan beberapa pembenahan. Misalnya di kawasan sekitar Rumah HOS Cokroaminoto. Pembenahan akan menyasar Jembatan Peneleh.

“Nanti jembatan Peneleh ini akan kita buat untuk pejalan kaki, supaya warga bisa melihat atau berkunjung ke situs-situs bersejarah. Selain di rumah HOS Cokroaminoto, mereka juga bisa mengunjungi situs-situs di Zaman Mojopahit. Ada Kampung Kraton,” kata Risma.

Khusus Kampung Kraton, lokasi itu akan dia masukkan dalam daftar Cagar Budaya, karena menurutnya kampung itu unik. “Saya sudah mengkondisikan kepada teman-teman Dinas Pariwisata untuk merawatnya,” imbuhnya.

Risma menargetkan pada 2018 mendatang, semua situs dan monumen bersejarah akan tuntas pengerjaannya. Sehingga tamu-tamu internasional yang datang ke surabaya bisa mengunjungi objek-objek wisata itu.(den/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs