Senin, 29 April 2024

Lakukan Asesmen Segera, Jika Anggota Keluarga Jadi Pecandu Narkoba

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
AKBP Suparti Kepala BNN Kota Surabaya melakukan sosialisasi bahaya narkoba dihadapan siswa TK. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Jika anggota keluarga menjadi satu diantara pecandu atau pengguna penyalahgunaan narkoba, Brigjend Amrin Remico Kepala BNNP Jawa Timur mengingatkan agar segera melaporkan atau melakukan asesmen dan dilakukan rehabilitasi.

Asesmen yang dimaksud adalah dengan cara pengukuran, didata dan dipantau perkembangannya.

“Jangan menunggu parah. Langsung laporkan kepada kami, segera asesmen dan kami akan langsung lakukan tindakan. Ini harus dipahami oleh masyarakat, jangan malu atau menunggu sampai anggota keluarga yang jadi pecandu lebih parah,” terang Brigjen Amrin Remico.

Dengan melakukan asesmen, maka pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur maupun BNNKota Surabaya segera melakukan upaya-upaya rehabilitasi agar pecandu tidak sampai lebih parah serta membuat keluarga lebih menderita.

“Karena kalau nanti malah tertangkap Polisi ketika sedang melakukan aktivitas menggunakan narkoba maka urusannya menjadi berbeda. Urusannya menjadi persoalan hukum. Kami himbau kepada masyarakat agar segera melaporkan kalau melihat anggota keluarganya jadi pecandu narkoba,” tegas Amrin Remico.

Sementara itu, ditambahkan AKBP Suparti Kepala BNN Kota Surabaya, bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dalam kaitannya untuk pelaksanaan asesmen bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam kaitannya untuk asesmen bagi pecandu narkoba. Koordinasi kami lakukan dengan Polisi, Rumah Sakit dan pihak-pihak lainnya untuk penanganan rehabilitasi pecandu narkoba,” tegas Suparti.

Oleh karena itu, tambah Suparti masyarakat diharapkan segera melaporkan jika ada keluarga atau tentangga yang menjadi pecandu narkoba. “Segera laporkan. Selanjutnya nanti kami yang akan menangani, sebelum dampak negatifnya merepotkan keluarga,” pungkas Suparti pada suarasurabaya.net, Senin (6/2/2017).(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs