Kamis, 16 Mei 2024

Lima Pria dari 14 Peserta Pesta Gay Ternyata Positif HIV/AIDS

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para tersangka pesta gay saat digelandang dari ruang penyidik untuk mengikuti rilis di halaman Mapolrestabes Surabaya, Minggu (30/4/2017). Foto: Abidin/Dok. suarasurabaya.net

Setelah melakukan rekontruksi terhadap kasus pesta gay di hotel Jl. Diponegoro, Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya juga melakukan tes indikasi penyakit infeksi menular seksual kepada 14 pria dalam pesta gay. Hasilnya, 5 orang di antaranya posistif HIV/AIDS.

AKBP Shinto Silitonga Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, pada Senin, 1 Mei 2017 sekitar pukul 10.00 WIB, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Surabaya melakukan pengecekan fisik terhadap 14 pria peserta party gay. Pemeriksaan kesehatan ini bagian dari penyidikan lanjutan.

Mereka dilakukan cek IMS (infeksi menular seksual). Untuk cek penyakit kelamin (sipilis/GO) dengan mengambil darah dan cairan uretra kelamin masing-masing peserta. Saat ini masih diperiksa secara laboratoris dan hasilnya belum dikeluarkan.

“Cek HIV/AIDS diperiksa melalui darah dengan tahapan-tahapan pemeriksaan berupa, tahap 1 SD HIV, tahap dua Oncoprop, dan ahap 3 inpect. Dan hasilnya, 5 orang di antara peserta party gay positif HIV/AIDS,” ujar Shinto kepada suarasurabaya.net, Selasa (2/5/2017).

Sekadar diketahui, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya menggerebek pesta gay di dua kamar, di salah satu hotel di Jl Diponegoro Surabaya, kemarin malam, Sabtu (29/4/2017). Polisi mengamankan 14 pria beserta barang bukti ratusan alat kontrasepsi.

Dari 14 pria yang diamankan 9 orang ditetapkan jadi tersangka kasus pornografi, 1 orang dikenakan Undang-undang Informatika dan Transaksi Elektronik (ITE) dan 4 orang masih jadi saksi. (bid/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs