Sabtu, 20 April 2024

MTQ antar Masjid Cheng Hoo se Indonesia digelar di Surabaya

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur saat membuka MTQ, Selasa (10/10/2017). Foto: Humas Pemprov Jatim

Untuk pertama kalinya perkumpulan Masjid Muhammad Cheng Hoo se-Indonesia menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur`an (MTQ) Cheng Hoo.

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya ini diikuti lebih dari 50 peserta yang merupakan perwakilan dari 17 Masjid Cheng Hoo di seluruh Indonesia.

“MTQ harus mampu membumikan Al Quran sehingga lebih dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat,” kata Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur usai membuka MTQ, Selasa (10/10/2017).

Menurut Gus Ipul, selain mengejar prestasi tujuan MTQ yang utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al Quran.

“Harus menjadikan Al Quran sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki dan sebagai kepribadian kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Hariyono Ong ketua panitia mengatakan, MTQ Cheng Hoo kali ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan hari jadi Masjid Cheng Hoo Surabaya yang ke 15.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan generasi muslim khususnya dari etnis Tionghoa untuk lebih gemar membaca Al-Quran.

Selain MTQ, beberapa rangkaian acara juga digelar untuk merayakan HUT ke 15 Masjid berornamen khas tiongkok ini.

Beberapa kegiatan itu diantaranya Khotmil Qur`an yang diikuti sekitar 250 penghafal Al Quran serta doa bersama untuk perdamaian dan kesejahteraan bangsa. (fik/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs