Kamis, 25 April 2024

Mahasiswa Baru UC Diajak Mengenal Keberagaman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan orientasi mahasiswa baru Universitas Ciputra Surabaya bertema Diversity atau kebhinekaan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mahasiswa baru Universitas Ciputra (UC) Surabaya, Kamis (3/8/2017) diajak mengikuti masa orientasi dengan satu diantaranya mengenal keberagaman melalui kegiatan bazar.

“Karena Indonesia terdiri dari banyak sekali perbedaan, yang memunculkan keberagaman. Itu perlu dipahami para mahasiswa baru, sebelum mengikuti perkuliahan nanti,” ujar Victor Effendi Wakil Rektor Universitas Ciputra Surabaya.

Karena UC merupakan kampus yang memiliki konsentrasi pendidikan atau kekhususan di bidang bisnis dan enterpreneurship, maka kegiatan yang digelar kali ini berkaitan dengan bisnis.

Para mahasiswa baru dikelompokkan dalam kelompok-kelompok kecil untuk berjualan makanan dan minuman sesuai dengan kelompok besar yang sudah ditentukan.

Ada kelompok Sumatera, Sulawesi, Papua, Kalimantan, Bali dan Jawa yang di dalamnya ada kelompok-kelompok kecil para mahasiswa baru dan diwajibkan menampilkan kuliner khas daerah sesuai kelompok.

“Para mahasiswa diharapkan mengenali dan memahami bahwa keberagaman negeri ini dengan berbagai kekayaannya merupakan kekuatan yang tidak dimiliki negara lain. Ini penting dipahami,” kata Victor.

Sehingga diharapkan nantinya para mahasiswa tidak terjebak dalam perbedaan tetapi justru menyadari perbedaan atau kebhinekaan itu sebagai sumber kekuatan.

Sementara itu, ditambahkan Erlita Tantri humas UC Surabaya bahwa kegiatan orientasi mahasiswa, O-Week, akan berakhir pada Jumat (4/8/2017).

“Seluruh rangkaian kegiatan O-Week tahun 2017 ini akan berakhir pada Jumat (4/8/2017) dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru,” kata Erlita.(tok/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs