Kamis, 25 April 2024

Marinir Indonesia Hadir di Simposium Pasukan Amfibi Pasifik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Marinir Indonesia dipertemuan pasukan Amfibi Pasifik di Korea Selatan. Foto: Dispen Kormar

Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han), Komandan Korps Marinir TNI AL hadiri Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) 17 di Korea Selatan.

Pacific Amphibious Leaders Symposium adalah kegiatan tahunan yang diprakarsai oleh Marforpac (Marine Forces Pacific) atau pasukan USMC di wilayah Pasifik. Kegiatan ini merupakan ajang pertemuan pemimpin pasukan amfibi Marinir di kawasan Pasifik dan sekitarnya.

PALS-17 di Korsel merupakan even yang ketiga kalinya setelah PALS-15 di Hawaii, AS dan PALS-16 di San Diego, AS. Pada kesempatan kali ini, Letnan Jenderal David H. Berger Komandan Marforpac menggandeng Letnan Jendral Lee Sang Hoon selaku Komandan bertindak sebagai tuan rumah.

PALS-17 bertujuan memprakarsai kewaspadaan, kesiapsiagaan bersama, meningkatkan kerjasama dan mewujudkan interoperabilitas diantara pasukan-pasukan amfibi yang berada di kawasan Pasifik.

Dalam pelaksanaan simposium, Korps Marinir dan Angkatan Laut Korsel mendemonstrasikan kemampuan pertahanan serta peranan pasukan amfibi yang dimiliki oleh Korsel. Sedangkan negara-negara peserta terlibat dalam diskusi dengan topik yang relevan mengenai pasukan amfibi.

Kegiatan PALS-17 memiliki beberapa program kegiatan, seperti demonstrasi kemampuan pertahanan/kemampuan amfibi, kunjungan ke perbatasan Korut-Korsel, wisata budaya, serta diskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pasukan amfibi.

Panitia PALS-17 mengundang lebih dari 20 negara, terdiri dari negara-negara yang memiliki kepentingan di wilayah Indo-Asia-Pasifik, serta negara-negara yang berkeinginan untuk memiliki, membentuk, mengembangkan pasukan amfibi di jajarannya.

Selanjutnya PALS akan dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan tempat yang berpindah-pindah sesuai kesiapan negara yang akan digandeng pihak AS untuk menjadi tuan rumah bersama. Diharapkan kegiatan ini akan membentuk komunitas pasukan amfibi yang profesional di kawasan Indo-Asia-Pasifik.

Selain Indonesia negara yang hadir dalam PALS-17 yaitu Amerika Serikat, Australia, Bangladesh, Brazil, Cambodia, Canada, Chile, Colombia, Perancis, Jepang, Malaysia, Maladewa, Mexico, Selendia Baru, Peru, Philippina, Republic of Korea, Singapura, Srilanka, Taiwan, Thailand, Tonga, Inggris, Vietnam.

Selama kegiatan PALS -17 Delegasi Kormar TNI AL yang terdiri Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han)., Laksma TNI Sudihartawan, Letkol (P) Robert Marpaung, Mayor Marinir Arief Bastian Sanusi didampingi oleh Atase Pertahanan (Athan) RI di Korsel Kolonel (P) AA Bagus Oka W, Athan USMC di RI Letkol USMC Koichi Takagi.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs