Kamis, 23 Mei 2024

Masjid Al Akbar Bagikan 2000 Paket Daging Kurban ke Masyarakat

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Sapi kurban dari Jokowi Presiden (kanan) sudah tiba di Masjid al Akbar Surabaya, Kamis (31/8/2017). Foto : Istimewa

Sebanyak 2.000 bungkus daging hewan kurban di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dibagikan kepada masyarakat, Sabtu (2/9/2017).

Helmi Muhammad Nur Humas Masjid Al Akbar mengatakan, pemotongan hewan kurban total 16 sapi dan 62 kambing. panitia menarget saat waktu Zuhur sudah selesai semua sampai pembagiannya.

“Sekarang hampir tuntas pemotongan daging-dagingnya, target kami sesudah Zuhur selesai pembagian,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu.

Helmi mengatakan, pemotongan hewan kurban di Masjid Al Akbar juga melibatkan tim dari Fakultas Kesehatan Hewan Universitas Airlangga Surabaya. Mereka melakukan verifikasi apakah hewan kurban yang dipotong sehat atau tidak.

Selain itu, panitia kurban juga tidak membuang limbah pemotongan hewan secara sembarangan.

“Untuk limbah darah kita amankan, tidak kami buang ke sungai termasuk juga jeroan. Semua limbah kami timbun untuk pupuk kompos,” katanya.

Paket daging 2.000 bungkus dengan berat 1,5 kilogram perbungkusnya ini dibagikan kepada masyarakat utamanya di wilayah Gayungan dan Pagesangan sebagai daerah penyangga Masjid Al Akbar.

“Pembagiannya kepada keluarga miskin sesuai data RT dan RW biar tidak ada penerimaan ganda.

Sementara untuk sapi kurban pemberian Joko Widodo Presiden seberat 1,1 ton di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya disembelih sekitar pukul 08.00 WIB. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
31o
Kurs