Senin, 6 Mei 2024

Massa Peserta Aksi Reuni 212 Membubarkan Diri dengan Tertib

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Massa peserta aksi Reuni Akbar Alumni 212 mulai meninggalkan Lapangan Monas, Sabtu (2/12/2017). Foto: Farid suarasurabaya.net

Aksi massa ormas berbasis Islam dengan tajuk Reuni Akbar Alumni 212, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, selesai sekitar pukul 11.30 WIB.

Sebetulnya, panitia aksi menjadwalkan acara bubar sesudah Sholat Dzuhur berjamaah di Lapangan Monas. Tapi, sebelum masuk waktu Dzuhur, sebagian besar peserta aksi sudah meninggalkan lokasi.

Acara yang dimulai dengan Sholat Subuh berjamaah di Masjid Istiqlal berlangsung tertib dan aman. Tidak ada gangguan keamanan yang terjadi selama aksi berlangsung.

Peserta aksi yang datang dari berbagai daerah dan berbagai usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, terpantau membubarkan diri dengan tertib.

Tadi pagi, Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta sempat memberikan sambutan di panggung utama yang ada di sebelah barat Monumen Nasional.

Dalam sambutannya, Anies berpesan supaya aksi berlangsung dengan tertib dan damai. Selain itu, dia juga minta dukungan massa ormas Islam untuk membangun Jakarta supaya lebih baik.

Kemudian, tadi juga ada penyampaian pesan lewat video streaming dari Muhammad Rizieq Shihab pemimpin ormas FPI, yang kabarnya masih berada di Arab Saudi.

Sejumlah tokoh politik juga menghadiri aksi Reuni Akbar Alumni 212, antara lain Amien Rais mantan Ketua MPR RI, serta Fadli Zon dan Fahri Hamzah Wakil Ketua DPR RI.

Sekadar diketahui, kegiatan ini merupakan peringatan setahun Aksi Bela Islam yang waktu itu menuntut supaya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Gubernur DKI divonis bersalah oleh pengadilan, karena dinilai menghina Islam. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs