Jumat, 3 Mei 2024

Matkul K3, Mahasiswa STTS Latihan Padamkan Kebakaran

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) saat mengikuti latihan pemadaman kebakaran. Foto: totok suarasurabaya.net

Kecelakaan dan kebakaran bisa terjadi di lingkungan kerja dan mengantisipasi korban berjatuhan, mahasiswa Teknik Industri STTS, Selasa (9/5/2017) menggelar simulasi latihan pemadaman kebakaran.

Meskipun simulasi, tetapi prosedur yang dilakukan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya disesuaikan dengan standart operational procedur saat melakukan upaya pemadaman kebakaran.

Nindi Prastika ketua panitia pelatihan yang juga mahasiswa Teknik Industri STTS menegaskan bahwa latihan kali ini merupakan bagian dari pengkayaan materi keselamatan kerja mata kuliah K3.

“Kegiatan ini memang bagian dari pengkayaan materi latihan keselamatan kerja sekaligus bagian dari materi kuliah K3. Kami berharap kegiatan ini bisa menambah keterampilan dan kewaspadaan mahasiswa yang nantinya akan memasuki dunia kerja khususnya di bidang industri,” terang Nindi Prastika.

Sekitar 40 mahasiswa Teknik Industri STTS mengikuti latihan pemadaman kebakaran menggunakan air maupun alat pemadam api ringan (apar) yang langsung diawasi oleh petugas Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Surabaya.

Peserta pelatihan pada Selasa (9/5/2017) ini tidak hanya mendapatkan materi tentang pemadaman kebakaran, tetapi juga menerima arahan dan praktik langsung bagaimana mengevakuasi korban menggunakan ambulance.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs