Jumat, 17 Mei 2024

Meninjau Kesiapan Tol Fungsional Surabaya-Kertosono untuk Mudik Lebaran 2017

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Rest area di jalan tol fungsional Surabaya-Kertosono, Minggu (18/6/2017). Foto: Taufik suarasurabaya.net

Mulai H-7 lebaran atau Senin 19 Juni 2017 pukul 6.00 besok pagi jalan tol fungsional Surabaya-Kertosono resmi akan dibuka untuk angkutan mudik lebaran.

Dan untuk memastikan kesiapan tol fungsional, Minggu (18/6/2017) hari ini Soekarwo Gubernur Jawa Timur melakukan peninjauan langsung mulai Waru hingga Mengkreng, Kertosono.

Pantauan suarasurabaya.net sepanjang Waru hingga rest area pertama yang ada di Desa Banjaran Driyorejo kondisi jalan tol sudah seluruhnya terpasang beton bahkan untuk Waru hingga sepanjang jalanan sudah teraspal mulus

Jika pekan lalu pembatas jalan belum terpasang, pagi ini pembatas kiri kanan jalan sudah terpasang meski hanya dengan tali plastik.

Namun di beberapa bagian di mana badan jalan memiliki ketinggian lebih dari tiga meter dengan persawahan di sekitarnya petugas sudah memasang beton-beton pembatas.

Rambu-rambu lalu lintas utamanya peringatan batas kecepatan maksimal 40 KM juga telah terpasang di kiri dan kanan jalan.

Petugas kepolisian juga tampak ditempatkan di perlintasan-perlintasan dengan jalan kampung dimana ketika besok tol ini benar-benar difungsikan maka seluruh perlintasan jalan tol dengan jalan kampung akan dijaga oleh aparat kepolisian.

Untuk menunjang perjalanan mudik pengelola jalan tol juga telah membangun sebuah test area sederhana yang ditempatkan di Banjaran Driyorejo.

Dan setelah menemukan perjalanan sekitar satu jam, sudah mulai memasuki kawasan Krian dan rencananya perkenalan menyusuri tol lebaran Surabaya-Kertosono akan lanjut hingga Kertosono.

Beberapa catatan untuk tol fungsional kali ini. Pertama, Tol Surabaya-Kertosono belum sepenuhnya jadi, begitu juga aspal jalannya sehingga pengguna jalan tol harus siap jika di beberapa titik ada persambungan beton yang tidak merata dan menimbulkan goncangan saat berkendara.

Selain itu, jalan ini terbagi dalam beberapa seksi dengan pengerjaan yang berbeda. Ada yang sudah selesai di lajur arah Surabaya tapi ada juga yang sudah selesai jalur sebaliknya sehingga di beberapa bagian nanti pengguna jalan tol harus berganti jalur.

Akses penerangan jalan juga masih sangat minim. Begitu juga marka jalan sehingga jalan tol ini nantinya juga hanya akan dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Sehingga kendaraan terakhir yang boleh melintas di tol dibatasi tepat pukul 17.00 WIB.(fik/iss)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs