Rabu, 15 Mei 2024

Menteri Kelautan dan Perikanan Tantang Mahasiswa Ikut Jaga Laut Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan RI tantang mahasiswa jaga laut Indonesia. Foto: Totok suarasurabaya.net

Di hadapan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, peserta seminar dalam rangkaian dies natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan RI tantang mahasiswa ikut menjaga kedaulatan kelautan NKRI yang luas.

“Kalau hanya mengandalkan pemerintah saja memang tidak efektif. Karena luas laut kita sangat besar, saya ajak mahasiswa untuk ikut serta menjaga dan mengawasi kedaulatan kelautan kita. Ini penting dipahami karena negeri ini punya laut yang luas,” ujar Susi Pudjiastuti.

Tidak hanya luas, laut Indonesia, lanjut Susi juga sangat kaya dengan berbagai isinya. Dan itu yang membuat negara-negara lain akhirnya melirik dan ingin mengambil kekayaan laut kita yang sangat besar tersebut.

Di masa lalu, pencurian kekayaan laut oleh para nelayan dari negara lain sudah terjadi dan berlangsung masiv dengan melibatkan banyak pihak yang juga ada didalam negeri ini sendiri.

“Tugas saya tidak sekadar menenggelamkan kapal pencuri ikan saja. Di internal pemerintah awalnya saya juga dianggap hanya bisa menenggelamkan kapal, tanpa mampu menjaga kekayaan laut itu sendiri. Ini kan bukan perkara kecil,” kata Susi.

Perlahan tapi pasti, Susi mencoba berkoordinasi dengan banyak pihak dan berkonsultasi langsung dengan Presiden Joko Widodo terkait upaya menjaga kedaulatan kelautan negeri ini. “Dan itu memang bukan tugas yang ringan,” tambah Susi.

Oleh karena itu, Susi lalu menantang mahasiswa untuk bernai ikut menjaga kedaulatan kelautan Indonesia. Bahkan secara spesifik, Susi minta kepada Moch. Nasih Rektor Unair untuk mengirimkan 5 mahasiswa terbaik dari masing-masing fakultas di Unair untuk diseleksi.

“Beri saya 5 mahasiswa terbaik dari masing-masing fakultas di Unair Surabaya. Mereka akan mengikuti seleksi dan nanti tugasnya adalah ikut serta menjaga kedaulatan laut kita yang memang luas ini. Butuh setiap orang di negeri ini ikut menjaga,” pungkas Susi Pudjiastuti.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
28o
Kurs