Selasa, 7 Mei 2024

Ngembak Geni Tutup Rangkaian Nyepi 2017

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Umat Hindu saat melaksanakan persembahyangan. Foto:Totok/Dok. suarasurabaya.net

Umat Hindu di Kota Surabaya, Rabu (29/3/2017) menggelar persembahyangan disejumlah pura untuk sembahyang Ngembak Geni yang menutup seluruh rangkaian persembahyangan Nyepi 2017 yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Ngembak Geni menutip seluruh rangkaian persembahyangan dalam rangka Nyepi 2017. Seluruh umat setelah melakukan pertapaan Catur Tapa Beratha dalam rangkaian Nyepi akhirnya ditutup dengan sembahyang Ngembak geni,” terang I Wayan Suraba Ketua PHDI Surabaya.

Biasanya, kata Wayan, setelah melakukan persembahyangan di pura, umat Hindu saling mengucapkan selamat dan saling berkunjung ke rumah sanak saudara dan keluarga masing-masing mengucapkan syukur pada Sang Hyang Widhi.

“Saling mengucapkan syukur, saling bersalaman dan biasanya saling bertandang dan berkunjung ke rumah keluarga dan kerabat yang ada. Setelah melakukan Nyepi maka hari ini adalah penutup seluruh persembahyangan Nyepi,” tambah Wayan.

Pantauan di Pura Jala Sidhi dikawasan Jl. Juanda, Surabaya, umat berdatangan sejak sekitar pukul 07.00. Masing-masing melakukan persembahyangan, kemudian umat Hindu saling bersalaman dan mengucapkan rasa syukur.

“Biasanya kami melanjutkan dengan saling berkunjung ke rumah keluarga atau ke rumah masing-masing kerabat yang ada. Kami bersyukur dan bersama keluarga lainnya kami berkumpul untuk saling bersilaturahmi,” kata Agusta warga Krembung, Juanda pada suarasurabaya.net, Rabu (29/3/2017).(tok/iss)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs