Selasa, 7 Mei 2024

Ngidam Boleh Saja, asal Gizi Tetap Terjaga

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Layanan konsultasi gratis untuk kesehatan Ibu hamil dan calon bayinya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pada saat hamil, seorang perempuan boleh saja ngidam. Tetapi jangan sampai dilupakan keseimbangan asupan gizi untuk si Ibu maupun untuk calon bayinya harus tetap terjaga. Jangan malah tidak memperhatikan keseimbangan gizi, itu berbahaya bagi kesehatan.

“Ngidam itu bagian alami dari perempuan atau Ibu yang sedang hamil. Yang penting, jangan lupa dengan asupan gizi yang cukup, yang seimbang buat si Ibu hamil sekaligus juga buat calon bayinya. Ini penting dimengerti. Jangan sampai keseimbangan asupan gizi malah diabaikan gara-gara ngidam. Ini yang keliru,” kata dr. Muhammad Adian C.L, SpOG, M.Kes., Dokter Spesialis Obsetri dan Ginkologi.

Lebih lanjut Andian menyampaikan bahwa ngidam apapun, tetap harus diupayakan asupan gizi bagi ibu hamil tetap jadi petimbangan utama. Ibu hamil juga perlu memahami bahwa kebutuhan nutrisi saat hamil tentu berbeda dengan saat tidak hamil.

Seorang Ibu hamil menjadi satu-satunya sumber nutrisi si kecil di dalam kandungan. Sehingga, kalau ibu sehat, si kecil juga sehat. “Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak Ibu hamil yang tidak menyadari itu, dan akhirnya kekurangan nutrisi,” kata Andian.

Andian mengatakan kepada Ibu yang sedang hamil agar memastikan kecukupan nutrisi secara seimbang. Termasuk asupan karbohidrat, protein maupun lemak. Juga berkecukupan zat gizi mikro seperti Asam Folat, Zat Besi, Kalsium dan vitamin D, penting untuk metabolisme tubuh.

Dengan pola makan nutrisi seimbang 3 kali sehari, lanjut Andian ditambah sebutir telor, minum air putih yang cukup menjaga kondisi kesehatan Ibu hamil. “Boleh ditambah dengan mengkonsumsi susu khusus untuk Ibu hamil,” kata Andian.

Bertempat di atrium Royal Plaza Surabaya, Sabtu (5/8/2017) digelar Festival Ngidam SGM Bunda, yang membahas kebutuhan Ibu hamil dengan menghadirkan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan Ibu hamil.(tok/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs