Rabu, 24 April 2024

Nyai Membuka Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2017

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Keramaian Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2017 di Taman Budaya Yogyakarta, Jumat (1/12/2017). Foto: Anton SCG

Film Nyai karya Garin Nugroho menjadi film pembuka Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) yang ke-12, Jumat (1/12/2017).

Film ini baru pertama kali diputar di Tanah Air. Sebelumnya film ini sudah diputar di festival internasional, antara lain di Jepang.

Film Nyai menuturkan pergulatan seorang perempuan menghadapi deraan hidup dengan daya tahan yang lentur. Film ini juga mencerminkan betapa sinema memiliki kelenturan dalam bersenyawa degan beragam cabang seni lain seperti tari, tarik suara dan drama serta menunjukkan kemampuan menemukan kebaruannya.

Kelenturan tersebut, sesuai tema festival ini yaitu “Fluidity”. Sebagaimana hakikat cairan (air), tema ini menggariskan kondisi sinema Asia yang senantiasa berubah dan berkembang kendati tetap mempertahankan karakter utamanya.

Anton Kusnanto Majalah SCG yang berada di Taman Budaya Yogyakarta mengatakan bahwa pengunjung tampak sangat antusias. Mulai hari ini hingga Jumat (8/12/2017), pengunjung akan menikmati suguhan sedikitnya 113 film pendek dan panjang dari 22 negara di Asia.

Perlu diketahui, JAFF adalah festival yang berfokus pada fenomena perfilman Asia. Festival ini digelar pada 1-8 Desember 2017 di berbagai tempat seperti Taman Budaya Yogyakarta, Cinema XXI dan CGV Cinemas.

Dua film berasal dari Indonesia, yaitu Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dan Sekala Niskala menjadi nominasi Golden Hanoman Award dan Silver Hanoman Award dalam program Asian Feature. Dua film ini berkompetisi dengan tujuh film lain dari Filipina, Kirgizstan, Thailand, India, Tiongkok, dan Kazakhstan.(iss/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs