Minggu, 29 Mei 2022

PSSI Apresiasi Gala Siswa untuk Membangun Karakter Anak Bangsa

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Ratu Tisha Sekjen PSSI mengatakan, sepak bola bukan sekadar bagian dari sebuah cabang olah raga yang cukup banyak penggemarnya tapi melalui sepak bola ini kita membangun karakter anak. Sehingga gagasan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan gala siswa untuk tingkat SMP patut diacungi jempol.

Gala Siswa Indonesia merupakan bagian dari Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). “Percayalah, nanti akan muncul pemain-pemain sepak bola yang brilian dari anak didik kita,” kata Tisha.

Ajang bergengsi ini bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam memberi ruang bagi siswa, guru, orang tua, sekolah, komunitas sepak bola, suporter sepak bola, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama memajukan persepakbolaan Indonesia.

Menurut Ratu Tisha dari Gala Siswa ini PSSI mempunyai dua target, pertama olahan data pemain yang akan melahirkan prestasi.

Target berikutnya kontribusi sepak bola dalam pembinaan karakter untuk mendukung salah satu misi Kemdikbud.

Dalam Gala Siswa hanya satu yang disebut pemenang. Tapi berapa banyak siswa yang disentuh hati, mental dan karakternya ketika mereka terbiasa berkompetisi dengan sehat sedari dini.

Apakah nantinya mereka menjadi pemain sepak bola itu urusan lain. Tapi yang penting akan lahir menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang sudah siap terjun ke masyarakat karena sudah berolah raga dan berkompetisi sejak usia dini.

Muhadjir Effendy Mendikbud selaku penyelenggara menjelaskan, Gala Siswa Indonesia akan diselenggarakan secara berjenjang dan berkesinambungan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, tingkat provinsi dan nasional.

Bahkan Gala Siswa Indonesia itu akan dipersiapkan untuk ajang kompetisi sepak bola tingkat internasional.(jos/dwi)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs