Kamis, 9 Mei 2024

PWI Jatim Gelar UKW Angkatan ke-21

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Uji Kompetensi Wartawan angkatan 19 yang digelar PWI Jatim di Surabaya pada 17-18 Juli 2017 lalu. Foto: Istimewa

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur akan menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan 21, di kantor PWI Jawa Timur, Jalan Taman Apsari Surabaya, pada Kamis (28/9/2017) dan Jumat (29/9/2017).

Akhmad Munir, Ketua PWI Jawa Timur mengatakan, program UKW ke-21 ini terlaksana berkat kerjasama dengan Bank Mayapada.

“Sebanyak 56 orang wartawan akan mengikuti UKW kali ini,” kata Munir dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/9/2017).

Para peserta berasal dari perwakilan berbagai media massa nasional, regional, dan lokal yang ada di Jawa Timur, baik media cetak, elektronik, maupun online.

Selain itu, peserta juga berasal dari perwakilan PWI yang ada di kabupaten/kota. Terutama perwakilan PWI yang anggotanya belum banyak yang mengikuti UKW.

“Asas pemerataan dalam kepesertaan UKW ke-21 ini benar-benar kita pertimbangkan,” ujarnya.

Menurut Munir, dari 56 orang peserta tersebut, akan dibagi ke dalam delapan kelas. Yakni, lima kelas untuk UKW kelas Muda, satu untuk kelas Madya, dan dua bagi UKW kelas Utama.

“Masing-masing kelas berisi tujuh wartawan,” kata dia. Gelaran UKW yang rutin dan terus menerus digelar PWI merupakan wujud dari komitmen PWI untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta moralitas wartawan.

Hal itu sangat penting dalam menghadapi tantangan yang semakin berat di era keterbukaan, cepatnya perkembangan teknologi, dan bombardir informasi lewat sosial yang luar biasa seperti sekarang ini.

Menurut dia, tanpa kapasitas dan kompetensi serta moralitas yang tangguh, akan sulit bagi wartawan untuk bisa menjaga marwah profesi yang luhur dan menjadi pilar keempat demokrasi ini dengan baik.

“Beratnya tanggung jawab profesi itulah yang harus kita pikul bersama,” kata Munir. (fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
29o
Kurs