Jumat, 29 Maret 2024

Palangka Raya Alternatif Calon Ibu Kota RI

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Basuki Hadimulyo Menteri PUPR mengatakan calon ibu kota RI yang dikaji berada dalam tiga provinsi di Kalimantan yaitu di Kalimantan Tengah (Palangka Raya), Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Basuki mengatakan belum mengetahui rincian kajian pemindahan ibu kota. Namun, untuk Palangka Raya, Basuki sempat menjelaskan lokasinya ibu kota baru yang disiapkan.

“Di Kalteng di sebelah utaranya Palangka Raya ada lahan seluas 300 ribu hektar. Tentang Kaltim saya belum dan Kalsel menteri PUPT mengatakan tidak tahu dan bisa spekulasi. Yang penting lahannya masih dikuasai negara. Nanti Presiden yang memutuskan,” kata Basuki di kantor KSP istana negara, Kamis (6/7/2017).

Teten Masduki Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) mengungkap alasan Presiden Joko Widodo melontarkan ide memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa. Sulitnya membenahi Ibu Kota Jakarta menjadi salah satu alasannya.

Pengalaman Jokowi waktu di DKI, beliau menyampaikan bahwa susah sekali membenahi Kota Jakarta ini yang ongkosnya lebih mahal.

Menurut Teten, Jokowi beranggapan Jakarta memakan banyak anggaran, baik dalam hal politik maupun sosial. Selain itu, pemerataan pembangunan negara perlu dilakukan di daerah lain selain Pulau Jawa.

“Bukan hanya ongkos biaya tapi juga ongkos politik dan ongkos sosialnya. Di sisi lain juga ingin ada keseimbangan antara pusat dan daerah. Di banyak negara kan memang dipisahkan antara kota industri, kota dagang, dengan kota pemerintahan,” kata Teten di kantor KSP, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2017). (jos/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs