Selasa, 25 Juni 2024

Pelajar SMA se Surabaya Belajar Internet Sehat

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pelajar peserta pelatihan internet sehat wefie bersama Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur, Senin (30/1/2017). Foto : Humas Pemprov Jatim

Sebanyak 360 pelajar yang berasal dari 100 SMA dan SMK se Surabaya mengikuti pelatihan internet sehat dan jurnalis medsos ang digelar Kantor Telkom Divre Jawa Timur, Senin (30/1/2017).

Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur ketika membuka acara tersebut mengatakan, pengguna internet di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke lima dunia karena mencapqi 132,7 juta dan hanya kalah dengan China, India, Amerika dan Brazil.

“Jika kita mengutip dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pengguna Facebook kita nomor empat dunia, dan bahkan pengguna twitter kita tertinggi ketiga dunia,” kata Gus Ipul.

Jika diprosentasikan, pengguna facebook di Indonesia mencapai 71,6 juta atau sebanyak 54 persen, kemudian disusul instagram sebanyak 19,9 juta atau 15 persen; lantas youtube sebanyak 14,5 juta atau 11 persen; kemudian twitter sebanyak 7,2 juta atau 5,5 persen.

Dari data ini, pengguna internet di Indonesia didominasi oleh kelompok mahasiswa dengan usia 25-34 tahun, kemudian disusul pelajar dengan usia 10-24 tahun, lantas kelompok pekerja atau wiraswasta dan kelompok lainnya.

“Usia produktif antar 10-34 tahun itu terbesar pengguna internet, kita perlu bangun kesadaran, lebih-lebih hari ini di internet yang paling banyak diakses adalah medsos disamping hiburan dan olahraga,” ujarnya.

Gus Ipul berharap para pelajar dan mahasiswa bisa menggunakan internet untuk hal-hal yang bersifat positif. Karenanya, dalam kesempatan ini, Gus Ipul berpesan para pengguna internet harus membangun kesadaran akan dampak positif dan meninggalkan sisi negatif dari internet.

“Di dunia internet itu berisi macam-macam ada yang mendidik dan tidak, sehingga perlu dikembangkan terus,” kata dia. Para pengguna internet juga harus terus meningkatkan keterampilan misalnya dengan melakukan pelatihan seperti yang saat ini digelar di Kantor Telkom Divre Jawa Timur ini. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs