Senin, 29 April 2024

Pemprov Jatim Percepat Pembangunan SPAM Umbulan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Mata air Umbulan. Foto : Taufik/Dok. suarasurabaya.net

Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hal ini disampaikan Akhmad Sukardi, Sekdaprov Jawa Timur saat pembukaan kick of Meeting pekerjaan fisik Proyek KPPBU SPAM Umbulan di Surabaya, Selasa (11/4/2017).

Menurut Sukardi, proyek SPAM Umbulan sempat terhenti selama 43 tahun. Akhirnya proyek itu ditarik oleh pemprov karena pengoperasiannya akan memberi manfaat besar bagi masyarakat.

“Apabila pembangunan SPAM Umbulan ini terwujud akan mampu menghasilkan air 4.000 liter per detik, yang akan dibuat kebutuhan air minum berkualitas bagi lebih dari 1,3 juta jiwa penduduk Jatim,” kata dia.

Pemerintah Jawa Timur juga mendukung program 100-0-100 pada tahun 2019 yang artinya 100 persen warga terlayani sarana air bersih, zero (nol) kawasan kumuh dan 100 persen masyarakat terlayani sanitasi pada tahun 2019.

Di tempat yang sama, Lilly Sholeh Ketua Tim Simpul KPBU-SPAM Umbulan Jawa Timur mengatakan, setelah ada perjanjian antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, serta pihak swasta sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat sekitar umbulan yaitu Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan.

Saat ini lahan yang sudah dibebaskan untuk proyek SPAM Umbulan 6,8 hektar. “Dari sosialisasi terakhir pada bulan maret di Kabupaten Pasuruan, masyarakat Pasuruan bisa menerima pembangunan umbulan tersebut,” ujarnya. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs