Sabtu, 4 Mei 2024

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Pemda Berkinerja Terbaik Enam Tahun Berturut-turut

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur saat menerima penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXI tahun 2017, di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Selasa (25/4/2017). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapatkan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXI tahun 2017, di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Selasa (25/4/2017).

Parasamya Purnakarya Nugraha adalah penghargaan untuk pemerintah daerah dengan kinerja terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 36/2017 dan Nomor 38/2017 yang diserahkan Wiranto Menko Polhukam, mewakili Joko Widodo Presiden.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur pernah mendapatkan penghargaan ini. Kalau ditotal, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah enam tahun berturut-turut menjadi pemerintah daerah dengan kinerja terbaik.

Soni Sumarsono Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kementerian Dalam Negeri menjelaskan, penilaian untuk penghargaan tersebut berdasarkan evaluasi kinerja pembangunan daerah (EKPD) dari laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD).

“Saya sampaikan kepada Pak Menteri Polhukam dan Menteri Dalam Negeri, hari otonomi daerah digelar di Jawa Timur itu memang pantas. Karena dari evaluasi secara nasional di tahun 2013, 2014 dan 2015, Pemerintah Jawa Timur mendapatkan penghargaan kinerja terbaik secara berturut-turut tanpa henti,” ujar dia.

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengaku tersanjung dengan penghargaan tersebut. “Terima kasih. Tapi, yang susah itu mempertahankan predikat penghargaan itu. Karena, Pemerintah Provinsi Jawa Timur sejak pertama di pembangunan era orde baru sudah mendapatkan penghargaan Parasamya. Dan itu langsung diberikan pada Presiden Soeharto,” ujarnya.(bry/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs