Minggu, 19 Mei 2024

Pemuda-Mahasiswa Komitmen Jaga Pancasila dan NKRI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Apel kebangkitan pemuda dan mahasiswa didepan Tugu Pahlawan Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Di tengah carut marut kondisi bangsa dan negara oleh korupsi, bangkrutnya moralitas politik pemerintahan, serta banyaknya anak muda jadi korban narkoba, pemuda dan mahasiswa di Surabaya, Jumat (7/4/2017) menggelar apel bersama berkomitmen menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI.

“Kami berikrar jihad sebagai kesatuan anak bangsa yang sampai kapanpun akan tetap berpegang teguh pada cita-cita perjuangan kemerdekaan Indonesia. Yakni proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Dan kami tetap menjalankan landasan idiil bagi bangsa Indonesia yaitu Pancasila,” tulis Afif Syairoz dalam siaran persnya.

Keprihatinan para pemuda dan mahasiswa ini mengkristal dengan semakin banyaknya persoalan dalam kehidupan berbangsa dna bernegara di setiap bidang yang ada. “Kalau dibiarkan terjadi maka generasi muda bangsa ini akan kehilangan sejarah bangsanya sendiri,” tambah Afif.

Aksi kebangkitan pemuda dan mahasiswa di Surabaya ditandai dengan upacara bendera di halaman Tugu Pahlawan Surabaya, diikuti puluhan mahasiswa dan pelajar. Usia membacakan Pancasila, UUD 1945 upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Puluhan petugas polisi ikut menjaga aksi yang digelar oleh perwakilan pelajar dan mahasiswa dari sejumlah sekolah dan kampus di Kota Surabaya ini. “Ini sejarah baru kebangkitan kaum muda Indonesia,” pungkas Afif.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs