Kamis, 2 Mei 2024

Pencari Kerja ke Korea Lakukan Verifikasi di Unitomo Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pencari kerja ke Korea melakukan verifikasi diaula kampus Unitomo Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejak sekitar pukul 07.00 wib, ribuan pencari kerja dari berbagai kota di Jawa Timur menunggu dengan tertib pelaksanaan verifikasi surat-surat serta dokumen guna menuju ke Korea, di aula kampus Universitas dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya.

“Para pencari kerja ini, seluruhnya akan menuju Korea. Berbagai bidang pekerjaan dibutuhkan di Korea, dan mereka para pencari kerja ini wajib mengikuti pelatihan sekaligus juga wajib menyertakan berbagai surat kelengkapan dan dokumen penting. Ini wajib,” terang Susilo satu diantara petugas Badan Nasional Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Ditambahkan Susilo, bahwa pelaksanaan verifikasi penting dilakukan karena nantinya sebagai bukti dan kelengkapan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang kerja yang sebelumnya mereka pilih.

“Karena setiap pencari kerja wajib memiliki keterampilan sesuai dengan bidang kerja yang diinginkannya. Dan kelengkapan dokumen sebagai bukti bagi pencari kerja menjadi sangat penting. Selain itu memang harus dibuktikan dengan ketermapilan kerjanya,” tambah Susilo.

Pelaksanaan verifikasi dokumen bagi para pencari kerja ke Korea di aula kampus Unitomo Surabaya mulai digelar Rabu (1/2/2017) sampai dengan Sabtu (4/2/2017) mendatang.

Sementara itu, menurut Agus Sugiarto satu diantara pencari kerja, pelaksanaan verifikasi kali ini tergolong rapi dan layananannya juga cepat. “Sekitar satu jam saja antri dipanggil verifikasi selesai. Kalau seperti ini, enak. Kita jadi cepat mendapat layanan juga,” kata Agus Sugiarto.

Senada dengan Agus, disampaikan Rudianto satu diantara pencari kerja asal Madiun, bahwa antrian memang panjang tetapi dengan layanan yang cepat dan tidak terlalu berbelit-belit verifikasi menjadi cepat selesai.

“Kalau kelengkapan surat dan dokumen sudah ada, sebaiknya memang datang lebih pagi supaya antrian juga tidak terlalu panjang. Cepat kok. Daripada harus antri lama-lama memang sebaiknya datang pagi saja,” ujar Rudianto.

Pantauan suarasurabaya.net, antrian lebih panjang sepertinya bakal terjadi pada Sabtu (4/2/2017) bertepatan dengan hari terakhir pelaksanaan verifikasi. “Semoga tidak sampai membludak dan antrian lebih panjang. Kasihan juga,” kata Abdul Rokim petugas sekuriti Unitomo Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs