Selasa, 21 Mei 2024

Pengawasan Belum Ideal, Kemenkumham Jawa Timur Lantik Pejabat Baru

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Susy Susilawati Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur melantik pejabat baru. Foto : Bruriy suarasurabaya.net.

Susy Susilawati Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur menyatakan kurangnya jumlah sipir di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di wilayah Jawa Timur.

Dia mencontohkan, jumlah sipir di Lapas Klas I Surabaya, Porong, Kabupaten Sidoarjo hanya 10 orang. Mereka harus menjaga 2500 narapidana kasus korupsi, narkoba, tindak kejahatan kriminal, dan teroris. Artinya satu sipir menjaga 250 narapidana.

“Idealnya satu sipir menjaga 20 narapidana,” kata Susy Susilawati Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur di sela pelantikan pejabat baru, Selasa (10/10/2017).

Mantan Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat itu berharap, dengan dilakukannya rotasi, pergantian 73 pejabat baru dalam lingkungan Kemenkumham Jawa Timur, mampu melakukan pengawasan dan evaluasi.

Pejabat baru yang diganti ini terdiri dari 15 Kepala Lembaga Pemasyarakatan, 4 Kepala Rumah Tahanan, dan 2 Kepala Badan Pemasyarakatan, sedangkan sisanya menjabat di bagian administrasi.

Selain itu, juga ada penambahan SDM yang sekarang ini masih dalam proses penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham.

“Saya bersyukur, Kemenkumham wilayah Jawa Timur mendapatkan jatah tambahan sebanyak 900 pegawai baru untuk ditempatkan di pengamanan dan pengawasan. Semoga ini bisa menuntupi permasalahan yang terjadi di setiap lapas dan rutan mengawasi narapidana,” ujarnya. (bry/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs