Selasa, 28 Mei 2024

Pengunjung KBS Tembus 61 Ribu, Jumlah Terbanyak Dibanding Sebelumnya

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada Minggu (1/1/2017) tembus 61 ribu orang. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada Minggu (1/1/2017) tembus 61 ribu orang. Jumlah ini merupakan jumlah terbanyak daripada tahun-tahun sebelumnya.

Chairul Anwar Direktur Utama Kebun Binatang Surabaya (KBS) mengatakan, tahun 2000 lalu saja tercatat 47 ribu pengunjung.

Untuk pengunjung KBS kemarin ini, kata dia, tidak hanya warga Surabaya tapi jumlah warga dari luar Surabaya juga luar biasa.

“Kemarin ngecek dari Joyoboyo mau masuk ke area parkir sudah antre sepeda motor banyak. Akhirnya yang biasanya buka jam 8 jadi buka lebih awal setengah 8 karena di depan KBS pengunjung sudah membludak,” kata Chairul pada Radio Suara Surabaya.

Kata Chairul, sebelumnya pengelola KBS sudah berkoordinasi dengan dinas terkait terkait pengaturan area parkir. “Sudah membayangkan kapasitas hanya sampai 35-40 ribu. Tapi ternyata jam 12 siang sudah mencapai 30 ribu. Padahal sudah masuk jam 3 sore tapi masih ada yang masuk ke area parkir. Tenaga juga sudah disiapkan extra dari biasanya sampai 2 kali lipat baik dari petugas kebersihan maupun kerapian taman,” ujar dia.

Chairul mengatakan, sudah saatnya KBS membangun model park and ride dan model ini memang sudah masuk dalam agenda KBS yang sekarang dalam tahap penyusunan.

Tapi, lanjut dia, dari sisi pengunjung juga harus ada edukasi bahwa KBS merupakan kawasan konservasi yang harus dijaga. “Di tengah membludaknya pengunjung kemarin petugas kebersihan tetap jalan dan memunguti sampah. Tapi kecepatan antara yang membuang dan memunguti sampah luar biasa. Sekarang sudah bersih dan normal kembali,” katanya.

Untuk mengantisipasi kembali membludaknya pengunjung, kata dia, KBS akan menerapkan landscape yang baru dengan menggeser pintu depan tiket ke Joyoboyo. Untuk parkir sepeda motor di patung KBS akan dihilangkan dan akan dicari solusinya seperti apa. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
32o
Kurs