Sabtu, 4 Mei 2024

Perangi Hoax dengan Kebiasaan Memverifikasi Berita

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Foto: kreasitekno.com

Rofin Aryunia Koordinator Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Surabaya mengatakan, masyarakat harus sadar untuk cek dan kroscek sebelum melakukan share informasi yang dia dapat dari grup media sosial.

Kesadaran ini harus dibiasakan, agar masyarakat memiliki kemampuan memprediksi dampak yang ditimbulkan jika berita hoax itu tersebar di masyarakat.

“Selama ini kami tidak ada alat ukur seperti apa, tapi paling tidak kami terus beri edukasi kepada masyarakat, bagaimana mencerna berita-berita hoax di sosmed,” ujarnya dalam perbincangan program Wawasan di Radio Suara Surabaya, Rabu (15/3/2017).

Rofin mengatakan, dalam mengedukasi masyarakat pihaknya tidak langsung memberi tahu kalau berita tersebut hoax atau tidak. Tapi, pihaknya mengajak masyarakat memverivikasi berita atau informasi tersebut.

“Kami ajak masyarakat untuk bagaimana mencari verifikasi berita itu hoax atau bukan,” katanya.

Rofin mengatakan, Mafindo juga kerja sama dengan komunitas dan relawan lain untuk mengkaji berita hoax. Menurutnya yang paling sederhana untuk memerangi hoax adalah membiasakan mencari perbandingan berita untuk verifikasi.

“Yang paling gampang googling saja. Misalnya ada berita anak yang organ tubuhnya diambil, tinggal searching di google maka bisa terlacak berita tersebut darimana,” katanya.

Menurut Rofin, smartphone bisa jadi alat untuk mencerdaskan masyarakat bukan hanya untuk menyebar hoax. (bid/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
25o
Kurs