Selasa, 28 Mei 2024

Perangkat Tersambar Petir, Layanan Komunikasi Data Telkom Sudah Pulih

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi

Layanan data Telkom maupun Telkomsel sempat mengalami gangguan, sejak Kamis (20/4/2017) siang. Pendengar Radio Suara Surabaya mengeluhkan gangguan perangkat Telkom Indie Home, juga layanan data internet Telkomsel.

Telkom mengkonfirmasi, telah terjadi gangguan komunikasi data sejak Kamis siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Suparwiyanto Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra mengatakan, perangkat Telkom di Batam terkena sambaran petir. Selain itu, link backbone di ruas Rengat, Indragiri Hulu, Riau mengalami putus kabel fiber optik.

Sejatinya, kata Suparwiyanto, bila terjadi gangguan pada salah satu link Telkom tetap ada link yang bisa memback-up. Sehingga traffic masih bisa berfungsi.

“Tapi, karena pada kasus ini kedua link backbone mengalami gangguan, otomatis komunikasi data pelanggan terganggu, baik Telkom maupun Telkomsel,” katanya.

Recovery sudah dilakukan oleh team teknis dan traffic komunikasi data. Akhirnya layanan komunikasi data pelanggan Telkom dan Telkomsel di area Jatim, Bali, Nusra pulih kembali.

Komunikasi traffic sudah berangsur normal sejak pukul 17.00 secara bertahap. Suparwiyanto mengatakan, solusi perangkat di jalur backbone yang rusak dipastikan Jumat siang besok.

“Untuk mempercepat recovery hari ini, Telkom menghidupkan route ketiga yang harusnya baru dihidupkan Juni nanti untuk antisipasi lonjakan traffic pada Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Suparwiyanto.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan, sekaligus berterimakasih atas kesetiaan pelanggan tetap menggunakan layanan Telkom.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
30o
Kurs