Jumat, 29 Maret 2024

Pertemuan ke 4 InaHEA Fokus Bahas Jaminan Kesehatan Masyarakat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saat konferensi pers digelar dalam pertemuan ke 4 InaHEA 2017 di Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Indonesia Health Economic Asosiation (InaHEA) ke 4 tahun 2017, Rabu (13/9/2017) dimulai dengan membahas jaminan kesehatan masyarakat sebagai fokus utama kajian, karena persoalan tersebut menyangkut kepentingan seluruh masyarakat luas.

“Pelaksanaan serta struktur jaminan kesehatan masyarakat sampai saat ini memang menjadi bagian penting dari masyarakati tu sendiri. Apapun bentuknya dan bagaimana pelaksanaannya, itu yang kami bahas pada pertemuan ke 4 InaHEA tahun 2017 ini,” ujar Prof. DR. Hasbullah Tabrani Ketua InaHEA.

Ada sekitar 180 makalah hasil penelitian yang dilakukan oleh banyak pihak mulai dari kalangan kampus hingga profesional dibanyak bidang terkait dengan ekonomi kesehatan dan akan dibahas dalam pertemuan InaHEA ke 4 di Surabaya.

“Diharapkan dari pembahasan mendalam terhadap sekurangnya 180 makalah tersebut akan muncul temuan-temuan yang nantinya bermanfaat dan memberikan solusi baru pada persoalan-persoalan jaminan kesehatan masyarakat,” tambah Hasbullah.

InaHEA diharapkan memberikan pemecahan masalah atau solusi persoalan-persoalan masyarakat dalam kaitannya dengan ekonomi kesehatan yang kaitannya langsung dengan masyarakat. Bukan hanya maslaah-masalah layanan kesehatan semata.

Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang ikut hadir membuka InaHEA 2017, dalam konferensi pers menyampaikan bahwa yang paling penting dan selalu diingat adalah bahwa warga masyarakat wajib dilayani kesehatannya.

“Pasien itu punya jaminan kesehatan atau tidak tetap harus mendapat layanan kesehatan jika membutuhkan. Itu yang perlu diingat dan wajib dilakukan mulai dari klinik, sampai rumah sakit sekalipun,” kata Nila Djuwita Moeloek.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs