Minggu, 19 Mei 2024

Petugas Kesulitkan Padamkan Api, Terdengar Beberapa Kali Ledakan di Pasar Senen

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Petugas PMK berusaha keras memadamkan api yang melumat Pasar Senen, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Api masih berkobar di kawasan Pasar Senen Jakarta dan terdengar beberapa kali ledakan dari dalam lokasi yang terbakar.

Pantauan suarasurabaya.net, asap hitam pekat membuat jarak pandang di lokasi menjadi terbatas. Selama 4 jam melakukan proses pemadaman di lokasi, sebanyak 43 unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) diluncurkan. Petugas terus menyemprotkan air dan busa ke berbagai titik untuk melokalisir api.

Subejo Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta mengatakan, pihaknya kesulitan memadamkan api karena di dalam pasar banyak bahan-bahan yang mudah terbakar seperti pakaian, kertas dan bahan kimia untuk percetakan.

“Jadi ini kemungkinan yang terbakar kan dari bahan-bahan pakaian yang jumlahnya cukup banyak. Dan biasanya ketika dipadamkan, air belum sampai ke bawah tapi kami harus terus bergeser ke titik lain yang mulai muncul api dan di titik yang lain apinya muncul lagi,” kata dia.

Sekadar diketahui, di lantai 2 dan 3 bangunan yang terbakar ini kebanyakan adalah konveksi dan percetakan. Sedangkan di lantai bawah banyak toko elektronik dan perhiasan.

Sementara itu, banyak pedagang yang terus mencoba menyelamatkan barang dagangan dan dokumen penting. Di sekitar lokasi juga banyak masyarakat yang melihat ke Pasar Senen yang terbakar hingga menimbulkan kemacetan panjang.

Namun aparat keamanan dari kepolisian, TNI dan petugas keamanan pertokoan juga menjaga ketat lokasi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penjarahan.

Berdasarkan keterangan dari petugas pemadam kebakaran, sementara ini tidak ada korban jiwa.(rid/dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
32o
Kurs