Sabtu, 4 Mei 2024

Polda Jatim Kehilangan Jejak Pemalsu Akun Facebook Wakil Walikota Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Capture Akun Palsu Wisnu Sakti Buana yang telah nonaktif. Foto: Istimewa.

Akun Facebook milik Wisnu Sakti Buana Wakil Walikota Surabaya (Wawali) sempat dipalsukan oleh seseorang untuk penipuan. Pihak kuasa hukum Wisnu sempat melaporkan kejadian ini ke Polda Jatim.

Namun, karena pelaporannya terpublikasi oleh media ke masyarakat luas, sehingga penyidik kehilangan jejak pelakunya. Akun palsu tersebut juga telah dinonaktifkan.

Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, harusnya saat pelaporan ke Polisi, tidak dipublikasikan. Artinya, dilaporkan saja secara tertutup biar penyidik bisa melacak pelakunya.

Karena sudah dipublikasi, maka berakibat pelaku pemalsu akun ini melarikan diri. Sekaligus tidak bisa dilacak lagi karena akun telah nonaktif.

“Sayang sekali, padahal kasus seperti ini bisa sangat merugikan orang lain. Dimana identitas seseorang di media sosial dipalsu orang lain dan digunakan untuk meminta uang dan sebagainya,” ujarnya kepada suarasurabaya.net Jumat (28/7/2017).

Barung mengatakan, Tim Cyber Crime telah menindaklanjuti laporan ini dengan melacak beberapa akun atas nama Wisnu Sakti Buana di media sosial. Telah ditemukan akun asli Wisnu Sakti Buana, akun lama Wisnu Sakti Buana dan akun palsu mengatasnamakan Wisnu Sakti Buana tapi sudah tidak aktif lagi. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs