Kamis, 16 Mei 2024

Polri Siap Bantu Pengamanan Raja Arab Saudi Selama Kunjungan di Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kombes Martinus Sitompul Kabagpenum Humas Polri, memberikan keterangan soal pengamanan Raja Arab Saudi, Jumat (24/2/2017), di Mabes Polri, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Kepolisian Republik Indonesia menyatakan siap bantu menjaga keamanan Salman bin Abdul Aziz, Raja Arab Saudi, selama berada di Indonesia.

Dalam prosedur pengamanan kepala negara, komando ada pada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Jadi, Polri sifatnya cuma memberi dukungan personel dan peralatan.

“Kunjungan ini kan melibatkan rombongan yang besar, sehingga butuh pengamanan yang tepat. Polri memberikan dukungan pengamanan karena kedatangan Raja Arab Saudi masuk kategori VVIP, jadi komando ada pada Paspampres,” kata Kombes Martinus Sitompul Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Jumat (24/2/2017), di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Soal jumlah anggota polisi yang akan dikerahkan, lanjut Martin, nantinya tergantung pada situasi dan kondisi.

Sekadar diketahui, Salman bin Abdul Aziz al Saud Raja Arab Saudi, berencana mengunjungi Indonesia dari tanggal 1 sampai 9 Maret 2017.

Kalau tidak ada halangan, itu bakal jadi kunjungan bersejarah. Karena, kunjungan Raja Saudi, terakhir kali terjadi tahun 1970, waktu kepemimpinan Raja Faisal, 47 tahun silam.

Rencananya, dalam kunjungan ke Indonesia, Raja Salman mengajak sekitar 1500 anggota delegasi, termasuk 10 menteri dan 25 orang pangeran.

Berdasarkan jadwal, agenda kenegaraan akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 3 Maret 2017, termasuk berkunjung ke Istana Negara dan Gedung DPR/MPR.

Lalu, rombongan Kerajaan Saudi akan berlibur di Pulau Bali, dari tanggal 4 sampai 9 Maret. (rid/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
24o
Kurs