Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Jokowi akan Hadiri KTT APEC di Vietnam dan KTT ASEAN di Filipina

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden setelah menghadiri acara pemberian nama pesawat N-219 di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.Foto: Setpres

Joko Widodo Presiden akan melakukan kunjungan kerja ke Da Nang, Vietnam, untuk menghadiri KTT APEC yang berlangsung pada tanggal 10-11 November 2017, dan kemudian ke Manila, Filipina untuk menghadiri KTT ASEAN, pada tanggal 12-14 November 2017.

Presiden Jokowi dan Iriana Joko Widodo Ibu Negara bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat, (10/11/2017).

Presiden menyampaikan bahwa KTT APEC tahun ini yang bertema “Creating New Dynamism, Fostering A Shared Future”. Indonesia akan menyampaikan beberapa poin penting.

“Pertama development goods, utamanya menghilangkan hambatan non tarif bagi produk-produk Indonesia yang berkontribusi pada pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan,” kata Presiden setelah menghadiri acara pemberian nama pesawat N-219 di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Selain itu, Indonesia juga akan mengupayakan langkah-langkah untuk mempersempit kesenjangan ekonomi atau inklusifitas, peningkatan pembangunan infrastruktur dan mengedepankan maritime based policy.

Adapun setibanya di Da Nang, Presiden Jokowi akan langsung menghadiri APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue.

Sementara itu dalam KTT ASEAN di Manila, Indonesia akan mengusung upaya peningkatan kerjasama baik antar Anggota ASEAN maupun antara ASEAN dengan negara-negara mitranya.

“Saya berharap kunjungan kerja ini akan memberikan manfaat nyata yang bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia dan juga rakyat di ASEAN serta Asia Pasifik,” ujar Presiden.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Da Nang, Vietnam yakni Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian, Johan Budi Staf Khusus Presiden, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, Marsda TNI Trisno Hendradi Sekretaris Militer Presiden, dan Mayjen TNI (Mar) Suhartono Komandan Paspampres.

Sementara itu, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Teten Masduki Kepala Staf Kepresidenan, Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, Jenderal Gatot Nurmantyo Panglima TNI, Jenderal TNI Mulyono Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Laksamana TNI Ade Supandi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) dan Marsekal Hadi Tjahjanto Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) turut mengantar keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs