Senin, 29 April 2024

Ratusan Buruh Kasbi Demo Tolak PP 78 Tentang Pengupahan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Demo ratusan buruh dari Kasbi menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Ratusan buruh dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo, Senin (30/10/2017). Mereka menolak PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan yang dirasa sangat menyusahkan buruh.

Biyanto Ketua DPW KASBI Jatim mengatakan, buruh mengerti dan paham produk aturan pemerintah selalu pro kapitalis. Mulai periode kepemimpinan Soeharto sampai Joko Widodo, aturan pemerintahan tentang perburuhan selalu membela kaum pemodal. Untuk itu, KASBI menolak semua aturan pemerintah tentang pengupahan.

“Perjuangan kami terus konsisten menolak PP 78 tahun 2015. Aturan ini tidak ada dasarnya. Aturan ini telah melanggar UUD 45 dan aturan sebelumnya tentang perburuhan tahun 2013,” katanya.

Aksi ini serentak secara nasional dilakukan KASBI. Biyanto mengatakan, untuk rencana aksi besok, KASBI tidak turun, tapi serikat buruh lain yang aksi.

Aksi ini sempat menimbulkan kepadatan lalu lintas mulai sejak Jl. Tunjungan depan Siola sampai Jl Gubernur Suryo. Buruh memakai separuh lajur dalam aksi ini. Setelah berorasi di depan Gedung Negara Grahadi, mereka melanjutkan aksinya ke Kantor Disnaker Jatim di Jl Dukuh Menanggal. Setelah buruh bergeser, lalu lintas di Jl Gubernur Suryo kembali lancar. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs