Selasa, 14 Mei 2024

Ratusan Wali Calon Mahasiswa Protes Pengumuman Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Unair

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Tangkapan layar pengumuman penerimaan mahasiswa baru di Unair Surabaya. Foto: Istimewa

Sejak diinformasikan lewat web ppmb.unair.ac.id, beberapa pendengar melaporkan kebingungan dan kekecewaannya karena nama anak yang sebelumnya diinformasikan diterima, ternyata beberapa menit kemudian tidak ada.

Akhirnya siang tadi, sekitar 100-an wali calon mahasiswa mendatangi Kampus C Unair Surabaya.

“Baru hari ini diumumkan. Nggak ada prodinya sesudah website dibuka lagi namanya hilang. Sekarang saya di Unair lihat pengumuman yang ditempel tapi nama anak saya nggak ada,” kata Jarwati.

Sedangkan Kristianto melaporkan, sebelumnya saat membuka web pukul 00.45 WIB dinyatakan anaknya dinyatakan diterima. Namun 15 kemudian kembali membuka website dinyatakan tidak diterima.

“Sekarang saya di kampus C Unair, banyak wali murid yang protes. Ada sekitar 100 calon mahasiswa yang komplain. Katanya panitia ada gangguan sistem, memang tulisannya template. Di papan pengumuman Unair memang nggak ada nama anak saya di papan,” ujar dia.

Titik juga melaporkan, kalau kasus yang sama juga dialami oleh anaknya. Melihat website pukul 00.44 WIB anaknya dinyatakan diterima tapi setelah melihat website lagi pukul 01.00 WIB namanya tidak ada.

“Saya klik di help desk nomor dialihkan. Petugas di PPMB bilang berkas baru diterima jam 1 dini hari. Lah kok jam 12 malam nama-nama sudah muncul dan dinyatakan lolos. Mestinya data yang sudah dipublish di website itu yang sudah valid karena pengumumanpun sebenarnya sudah diundur. Ada apa di internal Unair?” katanya.

“Anak saya juga ikut fakultas psikologi. Tadi malam jam 12 di website memang dinyatakan lulus. Tapi jam 1 dilihat lagi tidak lulus, sampai saya foto. Aneh memang…Kalau saya sama anak saya pasrah tidak ngecek ke kampus lagi,” kata Puguh Sanjaya.

Selain itu, Titik Frida mengatakan, sekitar pukul 00.01 WIB membuka website Uniar dan adiknya dinyatakan lulus di fakultas kedokteran. “Setelah itu buka laman untuk registrasi ulang dan saya klik bersedia. Ada ucapan terima kasih tapi setelah log ini lagi error. Setengah 2 pagi saya buka website lagi dinyatakan tidak lulus,” katanya.

Menanggai beberapa laporan tersebut, Eko Supeno Direktur Sistem Informasi Unair mengatakan, pengumuman penerimaan mahasiswa baru jalur tes mandiri yang diakses sekitar pukul 00.00 WIB memang masih template.

“Ini masih rapat dnegan teman-teman internal dan beberapa orang wali yang protes datang ke sini. Nanti hasil resminya akan disampaikan PIH Unair. Tapi saya tidak bisa pastikan jam berapa,” ujarnya. (dwi/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
27o
Kurs