Sabtu, 1 Juni 2024

Rekruitmen CPNS 2017 Hanya untuk Lulusan Perguruan Tinggi dengan Akreditasi A

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Pemerintah akan mulai memperbaiki kualitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan melakukan rekruitmen secara khusus mulai tahun 2017 ini. Rekruitmen akan fokus pada lulusan terbaik dengan IPK cumlaude, serta dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A.

“Rekruitmen tidak akan dilakukan secara massal melainkan akan mengambil ASN (aparatur sipil negara) dari formasi khusus yakni lulusan sekolah pendidikan kedinasan serta dari lulusan perguruan tinggi dengan akreditasi A,” kata Asman Abrur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, usai menyerahkan hasil pemeriksaan akuntabilitas instansi (AKIP) di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Surabaya, Selasa (31/1/2017).

Dengan model rekruitmen khusus, Asman berharap PNS akan memiliki integritas tinggi, cakap, serta memiliki kemampuan yang unggul sehingga bisa menguntungkan masyarakat secara luas.

Asman mengatakan, kemampuan PNS di Indonesia saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Dengan rekruitmen khusus ini, maka kemampuan PNS dengan sendirinya akan meningkat.

Sementara itu, terkait banyaknya dugaan pejabat titipan saat mutasi di daerah, Asman juga mengatakan jika Kementerian PAN dan RB saat ini telah menjalin kerjasama dengan BKN untuk melakukan pengawasan.

“Kepala daerah tidak boleh lagi memberikan hak khusus bagi tim suksesnya. Pengangkatan jabatan harus dilakukan dengan transparan dan diberikan kepada pejabat yang benar-benar mampu dibidangkanya,” kata Asman. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 1 Juni 2024
32o
Kurs