Minggu, 16 Juni 2024

Ritus Udheng Osing Angkat Tradisi Banyuwangi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aekanu memasangkan Udheng Osing pada Lintu Tulistyantoro. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ritus Udheng Osing digelar, untuk mengangkat tradisi khas masyarakat Banyuwangi. Udheng adalah penutup kepala terbuat dari kain dengan motif beragam dan biasa dikenakan pria.

Udheng khas Banyuwangi ini, akan diperkenalkan di galeri House of Sampoerna dalam Ritus Udheng Osing, pada Kamis (5/10/2017) malam.

Udheng kain bermotif khas ini, ternyata tidak hanya dikenal masyarakat Osing di Banyuwangi. Tetapi berdasarkan catatan yang ada, Udheng tersebar hingga di Aceh, Jawa dan Nusa Tenggara Timur, tentunya dengan bahan serta motif yang tidak sama.

“Tentu saja sebutannya juga berbeda. Udheng itu biasa dipakai masyarakat di Jawa, dengan masing-masing daerah punya sebutan nama yang berbeda. Termasuk bahan dan motifnya. tapi fungsi dan makna filosofisnya tidak jauh berbeda,” terang Lintu Tulis Tyantoro pemerhati dan peneliti Batik.

Lintu menambahkan bahwa Udheng pada masyarakat Jawa, seperti yang dipakai masyarakat Osing Banyuwangi juga terbuat dari kain, kemudian ditambah dengan motif Batik yang khas di daerah Banyuwangi.

“Di Banyuwangi ada motif Gajah Oling, Gedhekan, Kangkung Setingkes juga ada motif Sudarjo. Motif yang juga ada pada kain batik Banyuwangi. Bagi masyarakat Osing menggunakan Udheng adalah keharusan bagi laki-laki. Udheng juga dipakai saat melakukan upacara ritual,” tambah Lintu.

Sementara itu ditegaskan Aekanu Hariyono budayawan Osing, Banyuwangi bahwa Udheng bagi laki-laki Osing adalah bagian dari busana yang tidak dapat dipisahkan. Karena Udheng bisa dipakai setiap hari dan disetiap kesempatan.

“Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan kepada masyarakat luas tentang kekayaan tradisi Nusantara, dalam bentuk Udheng ini dari Banyuwangi yang tidak dimiliki negara lain. Ini harus diinformasikan kepada masyarakat luas di Indonesia maupun diluar negeri,” kata Aekanu Hariyono.

Kamis (5/10/2017) dijadwalkan akan ada berbagai kesenian Osing, Banyuwangi, mulai dari Tari Gandrung Banyuwangi, musik Bambu dan pameran batik khas Banyuwangi dan penampilan puluhan Udheng Osing di galeri seni House of Sampoerna.

“Masyarakat dan pecinta Batik, silahkan hadir untuk menyaksikan pembukaan Udheng Osing yang memang akan digelar bersama dengan pameran sejumlah udheng khas Banyuwangi lengkap dengan motif batik yang menjadi bagian keseharian masyarakat Osing, Banyuwangi,” terang Ranni Anggarini manager galeri House of Sampoerna, Rabu (4/10/2017).(tok)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
30o
Kurs