Kamis, 2 Mei 2024

Sambut Proyek Trem di Surabaya, Pemkot Bongkar Empat Persil di Simpang Dukuh

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pembongkaran persil di Jalan Simpang Dukuh sebagai persiapan menyambut pengerjaan proyek trem di Surabaya, Jumat (9/6/2017). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Proyek Trem di Surabaya sebentar lagi menjadi kenyataan. Rencananya, proyek ini akan mulai dikerjakan tahun ini dengan anggaran APBN. Reaktivasi trem di Surabaya ini akan dimulai dari Jalan Tunjungan.

Pemkot Surabaya mulai mengambil tindakan pembongkaran persil di Jalan Simpang Dukuh, Jumat (9/6/2017). Sebanyak empat persil dari 23 persil di Simpang Dukuh telah dibongkar.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, uang ganti untuk persil di Jalan itu sudah dibayarkan. Kecuali tujuh persil yang masih konsinyasi di pengadilan.

Tadi, Risma turut memantau pembongkaran bangunan ini, mengarahkan petugas agar memberikan masker untuk warga yang menonton.

“Ini (pembongkaran persil) tujuannya untuk kendaraan yang dialihkan dari Jalan Tunjungan. Karena nanti jalan Tunjungan lajurnya akan berkurang, dari empat lajur menjadi cuma tiga lajur karena ada penambahan pedestrian,” ujarnya di sela-sela pembongkaran.

Risma awalnya menginginkan Jalan Simpang Dukuh tetap satu arah. Tapi Dishub Kota Surabaya dan polisi masih mengkaji, apakah memang perlu dijadikan dua arah.

“Masih dikaji. Saya berharap, pembangunan trem jalan, jalan ini (Simpang Dukuh) sudah selesai,” ujar Risma.

Erna Purnawati Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya mengatakan, pelebaran jalan Simpang Dukuh berlangsung dalam waktu dekat, setelah pembebasan lahan tuntas.

Pemkot Surabaya sudah melelang pengerjaan jalan ini, dan sudah menemukan pemenang.

“Targetnya, proyek pelebaran jalan Simpang Dukuh ini selesa tahun ini, soalnya kontrak pengerjaannya bukan multiyears,” kata Erna di lokasi pembongkaran.

Kemarin, Kamis (8/6/2017) Risma memastikan, proyek trem Surabaya jalur utara-selatan akan dimulai tahun ini. Hasil rapat dengan Kementerian Perhubungan di Jakarta, pembangunan trem senilai 2,7 triliun rupiah itu akan tetap dibiayai dengan APBN.

Khusus tahun ini, anggaran yang akan cair untuk pembangunan trem ini, kata Risma, baru Rp100 miliar.(den/dwi)

Teks Foto:
– Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya turut dalam pembongkaran persil di Jalan Simpang Dukuh, Jumat (9/6/2017).
Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs