Senin, 29 April 2024

Sebelum Dipotong, Sapi Kurban Jokowi Jadi Wisata

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ilustrasi. Sapi kurban dari Jokowi Presiden (kanan) sudah tiba di Masjid al Akbar Surabaya, Kamis (31/8/2017). Foto : Istimewa

Sapi kurban seberat sekitar 1,1 ton milik Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI di Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS)menarik perhatian masyarakat Surabaya maupun dari luar kota.

Helmi Muhammad Nur, Humas Masjid Al Akbar Surabaya, mengatakan, sapi kurban dari Jokowi tiba di Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (31/8/2017).

Berdasarkan pantauan, masyarakat asyik berswafoto dengan latar belakang sapi kurban milik Jokowi. “Pak Soekarwo Gubernur Jawa Timur dan Gus Ipul (Saifullah Yusuf) Wakil Gubernur Jawa Timur juga ikut selfie berlatar belakang sapi kurban milik Pak Jokowi,” kata Helmi Muhammad Nur, kepada suarasurabaya.net, Sabtu (2/9/2017).

Sapi kurban milik Jokowi tersebut dipotong bersama sapi kurban dari Gubernur Jawa Timur, Wakil Gubernur Jawa Timur dan sejumlah pejabat di Jawa Timur.

Menurut Helmi pada Idul Adha 1438 Hijriah sekarang ini ada 16 ekor sapi dan 62 kambing yang dipotong di Masjid Al-Akbar Surabaya. Hewan kurban yang sudah dipotong, dagingnya dicek oleh dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Dinas Kesehatan Jawa Timur. Apabila sudah dinyatakan bersih, dan tidak ditemukan cacing, baru dipotong kecil-kecil dan ditimbang. Nantinya, daging dan tulang hewan kurban akan dibagikan ke masyarakat sekitar yang sudah diverifikasi Kelurahan, Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) wilayah Pagesangan dan Gayungan.

“Jika sudah terverifikasi. Baru kita bagikan dengan mendatangi masing-masing rumah sesuai dengan data RT. Dari data yang ada, totalnya ada 2.000 paket hewan kurban yang dibagikan ke masyarakat secara merata. Paketan hewan kurban yang dibagi itu, berisikan daging, dan tulang yang beratnya 1,5 kilogram,” ujarnya. (bry/iss/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs