Jumat, 17 Mei 2024

Sekarang Ada Paket Hemat Urus KK dan Akta Kelahiran di Surabaya

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Aplikasi e-Lampid

Pemerintah kota Surabaya menyediakan paket hemat untuk mengurus kartu keluarga dan akta kelahiran melalui Lampid atau e-kios di kelurahan. Di Lampid sendiri ada enam aplikasi online yakni perkawinan online, perkawinan online, perceraian online, pengurusan akta kelahiran dan kematian online.

Suharto Wardoyo Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Harapannya masyarakat bisa mengurus KK dan akta kelahiran bersamaan.

Namun khusus anak yang NIKnya belum masuk KK, kata dia, bisa sekaligus diurus.

“Kita cetak akta kelahiran dan KK sekaligus. Satu kali input data di Lampid atau e-kios di kelurahan akan langsung jadi. Sama halnya kalau ada anggota keluarga yang meninggal, urus akta kematian sekalian dihilangkan dari KK,” kata Suharto pada Radio Suara Surabaya.

Suharto menjelaskan, untuk paket hemat (Pahe) 1 terdiri dari akta kelahiran dan KK sedangkan untuk Pahe 2 terdiri dari akta kematian dan KK.

“Paket ini juga hemat tenaga karena pemohon hanya menunggu di rumah nanti akan dikirim dokumennya. Biaya pengurusan dan pengiriman ke rumah gratis. Secepat mungkin, kalau ada keluarga yang lahir atau meninggal langsung diurus,” ujar dia.

Lalu, bagaimana jika ada masyarakat yang telat mengurus akta kelahiran? Kata Suharto memang ada denda jadi sebaiknya jangan melebihi 60 hari kerja jika akan mengurus akta kelahiran.

“Kalau akta kematian lama nggak diurus tidak ada denda,” katanya. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
28o
Kurs