Jumat, 29 Maret 2024

Shalat Idul Adha di Taman Surya Diikuti Ribuan Jamaah

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Shalat Idul Adha di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya diikuti ribuan jamaah. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Shalat Idul Adha di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya diikuti ribuan jamaah. Shalat dimulai pukul 06.00 WIB yang kemudian dilanjutkan kutbah yang disampaikan oleh Dr. Bachrul Amiq, Rektor Universitas Dr Soetomo sebagai Khotib.

Dalam hari raya Idul Adha 1438 Hijriah ini, Khotib mengajak meneladani pengorbanan jamaah haji yang sedang melaksanakan rukun Islam yang ke lima. Perjuangan untuk berangkat dengan uang, tenaga dan tekad untuk sampai ke Tanah Suci.

Pelajaran yang bisa dipetik dari jamaah haji diantaranya saling gotong royong dalam kebersamaan saat di Tanah Suci. Maka dari itu, umat Islam harus terus mempertahankan persatuan dan kerjasama antar sesama manusia.

Selain meneladani jamaah haji, Idul Adha merupakan kesempatan umat Islam meneladani sikap Nabi Ibrahim Alaihi Salam, bagaimana kerelaan dan ketulusan Ibrahim yang diuji oleh Allah untuk mengorbankan anaknya untuk disembelih. Padahal, Nabi Ibrahim sangat menyayangi Nabi Ismail anaknya.

Panitia Qurban Masjid Muhajirin Pemkot Surabaya telah menerima 11 sapi dan 41 ekor kambing yang akan disalurkan kepada yang berhak.

Sementara Tri Rismaharini Walikota Surabaya sendiri telah berkurban satu ekor sapi seberat 900 kg dan Wisnu Sakti Buana Wakil Walikota Surabaya berkurban satu ekor sapi fengan berat 800 kg. (bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs