Kamis, 25 April 2024

Sholat Idul Kurban di Masjid Al Akbar Meluber hingga Pelataran

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sholat Idul Kurban di Masjid Nasional Al Akbar diikuti lebih dari 10 ribu jemaah dan meluber hingga ke pelataran masjid, Jumat (1/9/2017). Foto: Taufik suarasurabaya.net

Sholat Idul Kurban di Masjid Nasional Al Akbar diikuti lebih dari 10 ribu jemaah dan meluber hingga ke pelataran masjid, Jumat (1/9/2017).

Sholat sendiri dimulai tepat pukul 06.00 WIB dengan Imam KH Abd Hamid Abdullah, yang merupakan Imam Besar Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.

Usai sholat kemudian dilanjutkan dengan Kutbah Idul Kurban yang disampaikan KH. Husein Rifai, Pengasuh Pondok Pesantren Jabal Nur Sidoarjo.

Untuk tema khutbah Idul Kurban kali ini adalah Meneladani keluarga Ibrahim AS dengan mensyukuri kemerdekaan Indonesia.

“Para pejuang-pejuang kemerdekaan umumnya adalah para ulama-ulama santun yang harus kita teladani agar Indonesia tidak kehilangan arah perjuangannya,” kata KH Husein dalam salah satu amanah kutbahnya.

Usai sholat rencannya juga akan dilakukan proses penyerahan hewan Kurban secara simbolik ke Masjid Al Akbar Surabaya. Beberapa hewan Kurban yang diserahkan diantaranya adalah sapi Kurban dari Joko Widodo Presiden, kemudian dari Soekarwo Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur, Kapolda, Pangdam V/Brawijaya, Kajati, serta beberapa pejabat lainnya.

Meski hewan-hewan Kurban ini diserahkan ke masjid Al Akbar, namun proses penyembelihan dan pembagian hewan Kurban baru digelar pada hari Sabtu (2/9/2017) besok.(fik/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs