Kamis, 16 Mei 2024

Sholat Ied di Dalam Rutan Medaeng, Warga Binaan Menangis

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Napi mengusapkan air mata usai menjalankan ibadah shalat ied di dalam rutan Medaeng. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Ratusan narapidana dan warga binaan laki-laki dan perempuan Rumah Tahanan (Rutan) klas 1 Surabaya di Kelurahan Medaeng, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo menggelar shalat Idul Fitri 1438 Hijriah, Minggu (25/6/2017).

Pantauan suarasurabaya.net shalat Ied dengan imam Fahrikul Anwar, ulama dari Gresik, para narapidana dan warga binaan menjalankan ibadah dengan khusyuk.

Namun, setelah selesai shalat Idul Fitri, terlihat beberapa narapidana perempuan sedih, menangis. Bahkan berulangkali mengusapkan tetesan air matanya.

Terlebih lagi, Fahrikul Anwar memberikan tausiyah kepada seluruh narapidana dan warga binaan di dalam rutan Medaeng itu hubungan antara manusia dengan manusia, dan manusia dengan Allah. Sejumlah beberapa narapidana perempuan kembali menangis.

Sementara, selesai tausiyah, pihak rutan Medaeng memberikan remisi kepada narapidana yang berkelakuan baik selama di dalam rutan Medaeng. “Sebanyak 96 warga binaan mendapatkan remisi,” kata Bambang Kepala Rutan Klas I Surabaya, kepada suarasurabaya.net, Minggu (25/6/2017).

Remisi yang diberikan ada dua macam yakni pengurangan masa tahanan yang disebut RK I sebanyak 87 warga binaan. Kemudian RK II yakni remisi langsung bebas sebanyak 9 orang warga binaan.

“Remisi RK I ini ada yang 15 hari dan 1 bulan. Untuk RK II ini juga sama remisinya 15 hari dan 1 bulan,” ujarnya. (bry/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs