Jumat, 17 Mei 2024

Siapkan Mental Siswa Hadapi UNBK

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksanaan UNBK tahun lalu di sebuah SMAN di Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Sejumlah sekolah di Kota Surabaya, khususnya SMA dan SMK yang akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini, menyatakan siap menggelar ujian tersebut. Saat ini tinggal menyiapkan mental peserta didik yang akan mengikuti ujian nasional.

“Peserta didik sudah kami imbau untuk terus menerus mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan UNBK. Siswa kami minta untuk ikut beberapa kali try out yang memang digelar sekolah. Uji coba dan simulasi seperti ujian yang sebenarnya juga sudah kami laksanakan,” kata M. Bahrun Kepala Sekolah SMKN 1 Surabaya.

Menurut Bahrun peserta didik yang akan mengikuti UNBK memang secara khusus sudah diberikan materi-materi persiapan menjelang pelaksanaan ujian. Satu di antaranya adalah dengan mengajak siswa mengikuti latihan dan simulasi ujian.

“Sekarang ini tinggal mempersiapkan mental anak-anak agar tidak gamang dan ragu menghadapi Ujian Nasional nanti. Biasanya seperti tahun-tahun kemarin kami akan laksanakan Istiqosah dan sholat bersama sepulang sekolah,” kata Bahrun.

Senada dengan itu, Muhadi Waka Kesiswaaan SMAN 15 Surabaya saat dihubungi suarasurabaya.net, membenarkan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan-persiapan terkait pelaksanaan UNBK yang bakal digelar April 2017 mendatang.

“Persiapan memang sudah kami lakukan. Termasuk simulasi UNBK juga kami gelar. Nanti kalau sudah dekat harinya kami biasanya gelar sholat bersama dan istiqosah bersama seluruh siswa dan guru juga. Persiapan mental juga penting buat siswa menjelang ujian nanti,” ujar Muhadi.

Sekedar informasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini untuk SMK dilaksanakan pada 3 – 6 April 2017. Untuk SMA dilaksanakan 10 – 13 April 2017. Sedangkan ujian susulan dijadwalkan pada 18 – 19 April 2017.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs