Kamis, 16 Mei 2024

Sudah Kondusif, Polisi Kurangi Penjagaan di Rutan Pekanbaru

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Petugas Brimob Polda Riau bersenjata lengkap berjaga di Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Kelas IIB, Pekanbaru, Riau. Foto : Antara

Kepolisian Daerah Riau mengurangi jumlah personel pengamanan di Rutan Klas IIB Kota Pekanbaru karena kondisi yang dinilai sudah kondusif pascainsiden kaburnya ratusan tahanan pada Jumat (5/5/2017).

“Pagi ini personel dikurangi sekitar 500 orang di Rutan karena kondisi sudah kondusif. Meski begitu, 1.000 personel cadangan dalam posisi siaga, apabila dibutuhkan untuk bergerak,” kata Kepala Biro Operasi Polda Riau Kombes Pol A Hafidh Yuhas di kompleks Rutan Klas IIB Pekanbaru, seperti dikutip Antara, Sabtu (6/5/2017).

Ia mengatakan Polda Riau telah mengerahkan 14.000 atau 70 persen dari seluruh kekuatan, pada saat insiden kaburnya tahanan Rutan terjadi pada Jumat (5/5/2017).

“Perintahnya adalah segera tangkap yang kabur, dan mengamankan blok di Rutan untuk menetralisir supaya tidak ada lagi yang anarkis,” katanya.

Kepolisian Daerah Riau menyatakan hingga Sabtu pagi pukul 10.00 WIB, sebanyak 202 tahanan yang kabur dari Rumah Tahanan Klas IIB Sialang Bungkuk Kota Pekanbaru sudah berhasil ditangkap, namun polisi belum memastikan berapa banyak yang masih berkeliaran.

Sementara, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol. Susanto mengatakan kondisi yang sudah kondusif digunakan untuk memperbaiki fasilitas Rutan Sialang Bungkuk yang rusak.

“Hari ini mulai dilakukan pembersihan blok Rutan, memperbaiki pintu, dan memfungsikan kembali dapur serta tempat makan di dalam,” katanya. (ant/bry/ipg).

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs